Saran untuk Jokowi, Rangkul Amien Rais Jadi Wantimpres


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Analis politik, Adi Prayitno menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul tokoh-tokoh lain yang berseberangan di Pilpres 2019, di antaranya Amien Rais. Pendiri Partai Amanat Nasional itu mungkin bisa ditempatkan di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Bahkan, tokoh-tokoh lainnya dari dari Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI) hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perlu diajak untuk bersama-sama membangun bangsa. Sebab, mantan Capres 2019 Prabowo Subianto belum bisa merepresentasikan keseluruhan tokoh yang selama ini berseberangan dengan Jokowi.

“Rekonsiliasinya tak mesti di lingkaran istana macam Wantimpres saja. Bisa di luar, tetapi kekuasaan sesuai negoisasi. Dengan Prabowo hanya rekonsiliasi parsial, karena banyak tokoh yang berseberangan belum diajak diskusi serius,” ucap Adi kepada JPNN.com (grup fajar.co.id), Selasa malam (29/10).

Saran ini disampaikan Adi, pascakeputusan suami Iriana itu merekrut rivalnya di Pilpres 2014 dan 2019, Prabowo Subianto, masuk dalam Kabinet Indonesia Maju dan menduduki posisi strategis, menteri pertahanan.

Dalam pandangannya, kalau pemerintahan Jokowi bersama Ma’ruf Amin mau melakukan rekonsiliasi seutuhnya, mestinya juga merangkul tokoh-tokoh yang selama ini berseberangan ekstrem seperti Amin Rais, tokoh PA 212, FPI, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Dengan Prabowo-Gerindra saja bisa rekonsiliasi, kenapa dengan yang lain tidak bisa?” tukas pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar