Dibanding Tahun Lalu, Tahun Ini Lebih Banyak Formasi CPNS

0 Komentar

Ilustrasi PNS (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID,SURABAYA– Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemkot Surabaya tahun ini lebih banyak daripada rekrutmen sebelumnya.

Pemerintah pusat memastikan Surabaya mendapatkan alokasi 705 lowongan. Sebelumnya, hanya 433 formasi yang ditempatkan di Pemkot Surabaya.

Dari jumlah formasi tersebut, tenaga pendidikan seperti guru menempati porsi paling besar. Yakni, 428 formasi. Berikutnya adalah tenaga kesehatan sebanyak 171 formasi dan tenaga teknis lain 106 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya Mia Santi Dewi menuturkan, pihaknya akan mengumumkan lebih detail CPNS itu setelah mendapatkan petunjuk teknis dari pusat Termasuk pembukaan pendaftaran. ”Begitu semuanya sudah jelas, akan kami umumkan kepada publik,” ujarnya.

Sambil menunggu pengumuman yang lebih resmi, jelas Mia, masyarakat juga harus lebih berhati-hati saat memperoleh informasi mengenai CPNS. Sebab, bisa jadi bermunculan informasi yang kurang valid sehingga malah merugikan masyarakat. Selain itu, masyarakat harus mewaspadai orang-orang tak bertanggung jawab yang membuka layanan calo penerimaan PNS. ”Intinya, masyarakat perlu lebih berhati-hati dan harus memastikan sumber-sumber informasi yang tepercaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti mengungkapkan bahwa dewan bersama pemkot sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan tes CPNS tahun depan. Awalnya, anggaran tersebut disediakan untuk tahun ini. Sebab, awalnya, tes itu diprediksi bisa terlaksana pada 2019. ”Jadi, nanti tinggal menggeser keperluan anggarannya,” ucapnya.

Anggaran gaji 705 PNS tersebut juga sudah disiapkan dalam APBD 2020. Dia menyatakan, anggaran gaji pegawai itu masuk belanja tidak langsung. ”Sudah diprediksi berapa yang pensiun dan tambahan 705 CPNS tersebut,” jelasnya.

Reni berharap pembukaan lowongan CPNS itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat Surabaya. Lantaran jumlah lowongan lebih banyak daripada sebelumnya, peluang untuk masuk tentu lebih terbuka. Untuk CPNS, tidak ada batasan khusus warga Surabaya. Asalkan warga negara Indonesia dan memenuhi semua persyaratan, masyarakat bisa mendaftar sebagai CPNS.

”Saya berharap banyak warga Surabaya yang diterima. Apalagi, banyak peminat untuk posisi PNS di Surabaya ini. Sebab, kesejahteraan terjamin. Mulai tunjangan kinerja hingga tunjangan lainnya,” tuturnya. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...