Marquez Takkan Biarkan Ducati Curi Satu Gelar Pun Musim Ini

Marc Marquez tidak kehilangan ambisi di dua balapan terakhir/Crash

FAJAR.CO.ID, KUALA LUMPUR—Marc Marquez bisa mencetak rekor poin MotoGP sepanjang masa untuk satu musim di Sepang, Malaysia, akhir pekan ini. Saat ini, rekor dipegang Jorge Lorenzo ketika ia membukukan 383 poin pada 2010. Dengan begitu, Marquez hanya perlu finis di tempat ketujuh atau lebih baik di Sepang untuk membuat rekor baru.

Tetapi pembalap berusia 26 tahun itu menegaskan bahwa fokusnya di dua balan tersisa bukan rekor poin melainkan bagaimana memenangkan perlombaan untuk membantu Repsol Honda merebut gelar dunia untuk kategori tim sekaligus meraih Triple Crown. Saat ini, Honda terpaut satu angka di belakang Ducati dan sudah memenangi kategori pembalap dan konstruktor.

“Saya tidak mengubah strategi bahkan ketika saya berjuang untuk kejuaraan sehingga strateginya akan sama di sini. Memang benar bahwa saya bisa menjadi pembalap yang mencetak lebih banyak poin dalam 18 balapan, tetapi saya tidak peduli dengan rekor ini,” kata Marquez di Crash.

Bagi Marquez, dua balapan sisa tidak akan mudah. Rider Spanyol itu percaya bahwa pesaing mereka akan berusaha meraih hasil bagus di dua balapan terakhir. Karena itu, ia harus bisa mempertahankan mentalitas juaranya demi ambisinya meraih podium teratas.

“Kami hanya akan mempertahankan mentalitas yang sama dan mencoba untuk finis di podium dalam dua balapan terakhir ini, tetapi target saya adalah mencoba untuk menang. Lawan kita akan memberikan jawaban selama akhir pekan untuk melihat apakah mungkin menang atau tidak,” jelasnya.

Marquez meraih kemenangan di Malaysia pada tahun 2014 dan 2018 di MotoGP. Akan tetapi ia mengecilkan mesin Honda yang lebih kuat sebagai keuntungan. “Tahun lalu kita memenangkan balapan sehingga kita dapat mengatakan itu harus lebih baik,” kata Marquez.

Tahun lalu pengisi podium adalah Honda, Suzuki dan Yamaha. Namun menurut Marquz, motor tercepat di trek lurus adalah Ducati yang tidak naik podium. Makanya, ia berharap bisa meraih hasil bagus sejak sesi latihan bebas agar bisa mempersiapkan motor dengan baik untuk balapan resmi.

“Ini akan menjadi akhir pekan yang sulit dengan cuaca dan mencoba memahami kondisi lintasan dari pagi hingga sore tetapi kami akan berusaha berada di posisi teratas di semua sesi latihan dan dalam semua kondisi. Kalau begitu mari kita lihat pada hari Minggu jika kita bisa memperjuangkan kemenangan,” kuncinya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...