Militer Nepal Beli Pesawat CN235-220 Buatan Indonesia

0 Komentar

Acara pelepasan resmi dan pemberangkatan pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia menuju Nepal di Bandung, Rabu (30/10/2019). Foto: Kemenlu/Antara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia telah mengirim satu unit pesawat CN235-220 pesanan Angkatan Darat Nepal. Pesawat karya anak bangsa itu diberangkatkan dari Bandung menuju Kathmandu, Rabu, (30/10).

Pesawat senilai USD30,5 juta atau Rp428 miliar itu, rencananya akan digunakan sebagai alat angkut multiguna. Pesawat dijadwalkan tiba di Kathmandu pada 2 November 2019 mendatang.

“Penggunaan pesawat produksi Indonesia oleh Angkatan Darat Nepal ini semakin mengukuhkan kepercayaan dunia atas karya anak bangsa,” kata Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro di Bandung.

“Nepal adalah negara ke-23 di dunia dan ke-2 di Asia Selatan yang menggunakan CN235 setelah Pakistan,” ujar Elfien.

Pemerintah Nepal juga berminat untuk memesan pesawat kedua dari PTDI. Selain Nepal, PTDI tengah memproduksi sejumlah pesawat untuk beberapa negara, termasuk Senegal dan Thailand.

Penjualan pesawat CN-235 merupakan bagian dari usaha bersama peningkatan promosi industri strategis nasional, untuk bersaing di pasar internasional sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Kementerian Luar Negeri dan perwakilan RI terus mendorong promosi dan mengawal proses negosiasi kontrak sejumlah BUMN unggulan, agar diplomasi ekonomi memberikan manfaat langsung bagi negara. (ant/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...