DPRD Makassar Bahas Keluhan Warga Soal JKN KIS

0 Komentar

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi D DPRD Makassar memanggil BPJS Kesehatan Makassar bersama Dinas Kesehatan Makassar, pimpinan klinik, puskesmas, rumah sakit dan IDI guna membahas masalah JKN KIS di Kantor DPRD Makassar, Sabtu, 2 November.

Para Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas mengeluhkan sistem rujukan berjenjang BPJS Kesehatan yang dinilai malah menyulitkan pasien. Selain itu Direktur RS menuntut agar klaim segera dibayarkan sebab hal ini sangat mengganggu pelayanan kepada pasien termasuk penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan pasien. Sementara dampaknya, puskesmas dan RS yang akan mendapatkan komplain dari pasien.

Seperti di RS Sayang Rakyat, klaim baru dibayarkan hingga Maret. Direktur RS Sayang Rakyat, Siti Haeriyah mengatakan dirinya bahkan berulang kali menghubungi BPJS Kesehatan untuk membayarkan klaim. Ia pun menolak sistem peminjaman kepada bank untuk menutupi klaim yang tak terbayarkan sebab menjaminkan rumah sakit.

“Kenapa bukan BPJS yang dijaminkan. Ini kan beban bagi kita diminta meminjam ke bank sementara yang belum bermasalah kan BPJS,” ungkapnya.

Penulis : Rahmadani Indah
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...