Preview Aston Villa vs Liverpool: Tarian Samba

0 Komentar

Liverpool/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BIRMINGHAM—Liverpool akan mengunjungi Villa Park di pekan ke-11 Premier League, malam ini. Tarian Samba di kedua kubu boleh jadi akan menjadi sajian menarik duel ini.

Pemain-pemain Brasil di kedua kubu memang cukup menonjol awal musim ini. Roberto Firmino dan Fabinho adalah dua sosok pemain Tim Samba, julukan timnas Brasil yang penampilannya begotu menawan bersama Liverpool. Sementara di kubu Aston Villa ada nama Wesley Moraes dan Douglas Luiz.

Firmino nyaris tak tergantikan di lini serang The Reds. Kontribusinya yang selalu terlihat di setiap pertandingan membuat Manajer Liverpool, Juergen Klopp menjadikannya salah satu anak kesayangan. Striker berjuluk Bobby itu pun sudah mengemas tiga gol dan tiga assist.

Fabinho tak kalah penting. Setelah musim lalu harus berbagi posisi dengan gelandang lainnya, sekarang ia tak tergantikan. Pemain serbaguna ini bahkan bisa dibilang menjadi sosok paling penting Liverpool saat ini.

Ya, Firmino, Mohamed Salah dan Sadio Mane memang sumber gol, sementara Virgil van Dijk dan Alisson adalah katalisator pertahanan. Tapi, Fabinho adalah nyawa lini tengah. Ia berpengaruh besar dalam mengendalikan permainan. Dan jika The Reds ingin meraih tiga poin melawan Villa yang punya lini tengah sangat rajin, Klopp butuh Fabinho.

Wasley dan Luiz sama vitalnya di Aston Villa. Saat ini, Wasley adalah top skor klub di Premier League dengan empat gol. Sementara Luiz, walau beroperasi dari sektor gelandang, ia sudah mencetak dua gol yang menjadi isyarat bagi Fabinho bahwa ia perlu bekerja lebih keras kali ini.


Seperti Klopp, Manajer Villa, Dean Smith juga sudah menyiapkan keduanya dengan baik untuk pertandingan ini. Saat mengalahkan Wolverhampton Wanderers di babak 16 besar Carabao Cup, Wasley dan Luiz sudah diberi waktu istirahat.

“Ada pemain yang perlu bermain melawan Wolves karena ini minggu yang besar melawan Manchester City, Wolves dan kemudian Liverpool,” kata sang pelatih di situs web resmi Aston Villa soal keputusannya melakukan sembilan perubahan di Carabao Cup.

Liverpool belum tersentuh kekalahan musim ini. Dan Aston Villa bertekad menjadi klub pertama yang bisa mengalahkan The Reds. Bek Villa, Bjorn Engels menegaskan, Villa adalah salah satu tim yang bisa menjadi penakluk pemuncak klasemen tersebut.

“Saya menghormati Liverpool. Tetapi Anda tidak bisa memperlihatkannya terlalu banyak di lapangan karena jika tidak, saya yakin permainan Anda menurun. Ini akan menjadi pertandingan sulit tapi saya pikir, saat penggemar melihat setiap pertandingan, kami akan bertarung setiap menit. Kami akan memberikan semua yang kami punya,” tegas Engels.

Engels menyebut kunci kekuatan Liverpool adalah di lini serang. Namun, ia dan rekannya yakin bisa mengatasi mereka. “Saya memiliki banyak kepercayaan pada tim kami. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit tetapi saya percaya itu akan menjadi pertandingan yang sulit juga bagi mereka. Mereka juga akan menghormati kita,” tegasnya.

Mengistirahatkan 11 pemain utamanya saat menyingkirkan Arsenal di Piala Liga Inggris, tengah pekan kemarin, Klopp jelas tidak ingin membiarkan Villa menodai catatan bagus mereka. Bagi Klopp sukses pemain mudanya menggilas Arsenal memberi mereka kepercayaan diri menghadapi laga-laga berikutnya.

“Seratus persen, dari yang pertama ke yang terakhir. Saya tidak yakin kapan terakhir kali saya begitu bersenang-senang dalam pertandingan sepak bola, jujur. Ini adalah momen yang sangat penting bagi anak-anak ini, dan tentu saja untuk semua pemain LFC lainnya,” tegas Klopp di situs Liverpool.

Liverpool yang memenangkan 18 dari 19 laga terakhir mereka di Premier League belum bisa memainkan Joel Matip, Xherdan Shaqiri dan Nathaniel Clyne. Sementara Naby Keita diragukan setelah cedera saat menghadapi Arsenal. Di kubu tuan rumah, hanya Jota dan Keinan Davis yang dipastikan absen.

The Reds tidak terkalahkan di 17 dari 19 laga tandang mereka ke markas Aston Villa di semua kompetisi. Termasuk kemenangan 6-0 pada pertemuan terakhir 2016 silam. Plus fakta mereka mencetak lebih dari dua gol di 17 dari 19 pertandingan terakhir di Premier League, tim tamu jelas masih favorit di laga ini. (amr)

Prakiraan Pemain
Aston Villa (4-5-1): Heaton; Guilbert, Engels, Mings, Targett; El Ghazi, Nakamba, McGinn, Luiz, Grealish; Wesley.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Head to head

14/02/16 Aston Villa 0-6 Liverpool

26/09/15 Liverpool 3-2 Aston Villa

19/04/15 Aston Villa 2-1 Liverpool

17/01/15 Aston Villa 0-2 Liverpool

13/09/14 Liverpool 0-1 Aston Villa

Lima pertandingan terakhir Liverpool

30/10/19 Liverpool 5-5 Arsenal

27/10/19 Liverpool 2-1 Tottenham Hotspur

23/10/19 Genk 1-4 Liverpool

20/10/19 Manchester United 1-1 Liverpool

05/10/19 Liverpool 2-1 Leicester City

Lima pertandingan terakhir Aston Villa

30/10/19 Aston Villa 2-1 Wolverhampton Wanderers

26/10/19 Manchester City 3-0 Aston Villa

19/10/19 Aston Villa 2-1 Brighton & Hove Albion

05/10/19 Norwich City 1-5 Aston Villa

28/09/19 Aston Villa 2-2 Burnley

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...