Preview Levante vs Barcelona: Hati-hati Hantu

0 Komentar

Latihan Barcelona/MARCA

FAJAR.CO.ID, VALENCIA—Barcelona akan mencoba mempertahankan takhta mereka di jornada ke-12 saat melawat ke markas Levante. Tapi, penampilan pasukan Paco Lopez yang kadang mengejutkan harus tetap mereka waspadai.

SUKSES mereka mengalahkan Real Sociedad yang tampil luar biasa awal musim ini bisa menjadi pelajaran bagi Raksasa Catalan. Di tengah kritik yang melanda mereka, Levante bisa menang 2-1 di markas Sociedad.

Barcelona juga jelas paham bagaimana sulitnya bermain di Estadi Ciutat de València. Dalam tiga lawatan terakhir mereka ke sana, Blaugrana menelan dua kekalahan. Pada Mei 2017, Levante bahkan bisa menjebol gawang Barca lima kali untuk menang dengan skor 5-4.

Jebol lima kali tentu tak lazim bagi Barca. Bahkan, abad ini Barca hanya kebobolan lima gol dalam dua pertandingan La Liga. Dan musim lalu, di babak 16 besar, Levante lagi-lagi mempermalukan Barca dengan skor tipis 2-1 meski akhirnya harus tersingkir setelah takluk 0-3 di Camp Nou.

Dengan hasil-hasil mengejutkan itu, situs Barca pun kembali mengungkit mitos tentang hantu di Estadi Ciutat de Valencia. Ini bukan lelucon. Pada tahun 2005, Duda Malaga memiliki peluang yang gampang untuk mencetak gol melawan Levante tetapi gagal menembak ke gawang. Dia kemudian mengklaim bahwa dia ketakutan oleh hantu yang muncul di depannya.

Rupanya, abu para pendukung yang tewas tersebar di lapangan dan beberapa orang juga mengaku telah melihat tokoh-tokoh aneh berkeliaran di dekat mulut gawang di malam hari. “Jadi, jika ada pemain Barca yang melewatkan peluang mudah secara mengejutkan pada hari Sabtu, kami akan tahu mengapa demikian,” begitu ditulis di situs FC Barcelona.

Tapi, di luar kepercayaan akan hantu-hantu yang kadang ikut meneror pemain lawan, Barca datang ke Kota Valencia dengan kepercayaan diri tinggi. Itu setelah mereka berhasil kembali ke performa terbaiknya dengan memenangi tujuh pertandingan terakhir.

Sukses ini tidak lepas dari penampilan gemilang Lionel Messi. Di tiga laga terakhir, Messi mencetak empat gol. Termasuk dua gol ke gawang Real Valladolid yang membantu Barca menang 5-1 atas tamunya, tengah pekan lalu.

Dengan insting predator yang sudah kembali pasca cedera di awal musim, Messi jelas bisa menjadi “hantu” berbeda bagi gawang Levante. Meski begitu, pelatih Ernesto Valverde menegaskan mereka tetap harus fokus.

“Kami harus melihat ke depan. Apa yang terjadi adalah kamu melihat Messi bermain seperti itu dan sepertinya itu mudah, tapi itu tidak mudah sama sekali,” kata Valverde seperti dikutip dari AFP.

Pada laga nanti, Valverde diprediksi akan kembali melakukan rotasi. Ansu Fati yang mendampingi Messi dan Luis Suarez pekan sebelumnya kemungkinan akan kembali memberikan tempatnya kepada Antoine Griezmann.


“Dalam seminggu kami melakoni tiga pertandingan [dengan Levante dan Slavia Praha yang akan datang]. Saya pikir ini (laga kontra Valladolid) saat yang tepat untuk melakukan beberapa perubahan,” jelas Valverde di MARCA.


Bek Clement Lenglet menambahkan mereka sudah bisa menyelesaikan masalah dengan makin banyaknya menit bermain Messi. Karena itu, ia menegaskan sama sekali tidak ragu timnya bisa terus menunjukkan penampilan bagus.

“Segalanya telah diperbaiki di ruang ganti, dan di atas lapangan kami memiliki permainan yang bagus. Setelah Praha kami punya firasat buruk karena kami banyak menderita dan kami sedikit marah,” ujar pemain timnas Prancis tersebut.

Di kubu Levante, pelatih Paco Lopez meyakini anak asuhnya sangat antusias menantang Barca setelah menang di Reale Arena. “Semuanya telah berubah, karena pada hari Minggu kami sama sekali bermain buruk. Para pemain membuat kritik pada diri sendiri,” tegasnya terkait kekalahan 0-1 dari Espanyol di kandang sendiri.

Seperti Barca, tidak ada masalah cedera baru dan sanksi di kubu Levante. Makanya, mereka bisa menurunkan pilar seperti Jose Campana, Aitor Fernandez, Ruben Vezo, Roger Marti, serta Borja Mayoral yang mencetak satu dari dua gol Levante di markas Sociedad. (amr)


Prakiraan Pemain

Levante (4-3-3): Fernandez; Miramon, Vezo, Postiga, Clerc; Campana, Radoja, Bardhi; Hernani, Mayoral, Morales

Barcelona (4-3-3): Stegen; Sergi, Pique, Lenglet, Alba; Jong, Busquest, Arthur; Messi, Suarez, Griezmann

Head to head
27/04/19 Barcelona 1-0 Levante        

17/01/19 Barcelona 3-0 Levante        

10/01/19 Levante 2-1 Barcelona        

16/12/18 Levante 0-5 Barcelona        

13/05/18 Levante 5-4 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Levante

30/10/19 Real Sociedad 1-2 Levante

27/10/19 Levante 0-1 Espanyol

20/10/19 Sevilla 1-0 Levante

10/10/19 Villarreal 1-1 Levante

05/10/19 Leganes 1-2 Levante

Lima pertandingan terakhir Barcelona

29/10/19 Barcelona 5-1 Real Valladolid

23/10/19 Slavia Prague 1-2 Barcelona

19/10/19 Eibar 0-3 Barcelona

06/10/19 Barcelona 4-0 Sevilla

02/10/19  Barcelona 2-1 Inter Milan

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...