Yamaha Bikin Marquez Terkejut di Sepang

0 Komentar

Marc Marquez/Crash

FAJAR.CO.ID, SEPANG—Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku terkejut

melihat empat pembalap Yamaha berada di lima besar latihan bebas balapan MotoGP seri ke-17, Jumat kemarin. Menurutnya, para pembalap rival sangat cepat di Sirkuit Sepang, Malaysia.

“Keempatnya sangat cepat. Terutama di FP1 itu aneh karena di sini biasanya mesin sangat penting tetapi sepeda motor di depan adalah Yamaha dan Suzuki. Ducati dan Honda – yang merupakan motor tercepat di jalan lurus – lebih lambat,” kata Marquez dikutip dari Crash.

Pada latihan bebas kemarin, Marquez menguji tuas rem belakang yang dipasang di stang. Itu sebagai upaya meningkatkan kecepatannya saat belokan kanan. Juara MotoGP 2019 itu mengatakan bahwa ia akan kembali ke pedal rem belakang normal hari ini setelah mencoba tuas gaya skuter itu.

Tuas ekstra dipasang di atas tuas kopling biasa di sisi kiri stang dengan tujuan membuat Marquez lebih cepat di sudut kanan. “Biasanya di sudut kiri saya sangat cepat dan di sebelah kanan saya masih cepat tetapi tidak terlalu, sangat cepat,” jelas Marquez.

Rider asal Spanyol itu mengakui ia belum siap menggunakan tuas ekstra ini. Menurutnya, ia sedikit kurang nyaman dan menganggap bahwa tidak ada potensi untuk menggunakannya. Makanya, ia berharap timnya terus melakukan upaya agar ke depan itu bisa lebih baik.

“Saat ini belum siap dan kami akan kembali [ke normal]. Itu adalah kontak pertama untuk melihat apakah itu kemungkinan nyata untuk digunakan di masa depan. Jika ada potensi nyata. Dan saat ini ada tidak ada potensi nyata. Itu bukan keuntungan tambahan. Itu sulit dan mereka perlu terus meneliti untuk melihat apakah itu bisa bekerja lebih baik,” tandasnya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...