Depresi Bisa Menular, Ini Penjelasan

Minggu, 3 November 2019 17:51

Bagaimana emosi disebarkan?

Hingga saat ini, para peneliti masih mencari tahu bagaimana sebenarnya emosi orang yang mengalami depresi maupun tidak, disebarkan. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan hal ini bisa terjadi dalam beberapa cara, yaitu:

Perbandingan sosial

Saat bersama orang lain –atau berkontak di media sosial– Anda sering menentukan nilai dan perasaan sendiri pada orang lain. Namun, membandingkan diri Anda dengan orang lain, terutama yang memiliki pola pikir negatif, dapat merusak kesehatan mental Anda.

Interpretasi emosional

Ini terkait pada cara Anda menafsirkan perasaan orang lain. Emosi dan isyarat nonverbal dari orang lain berfungsi sebagai ‘informasi’ bagi otak Anda.

Misalnya saja, ketika membaca pesan di kolom komentar media sosial dan SMS, Anda dapat menginterpretasikan informasi secara berbeda atau lebih negatif dari pada yang mungkin dimaksudkan.

Empati

Menjadi orang yang berempati merupakan hal yang baik. Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain secara mendalam. Tetapi jika Anda terlalu menempatkan diri pada posisi orang yang mengalami depresi, Anda mungkin dapat mengalami gejala depresi juga.

Bagikan berita ini:
9
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar