Ersa dan Tasya Terpilih Jadi Duta Anti Narkoba Maros

FAJAR.CO.ID, MAROS– Perwakilan Kecamatan Lau, Ersa Syah Reza dan perwakilan dari Kecamatan Mandai, Tasya Tribuwana berhasil menjadi juara pertama pada ajang pemilihan Duta Anti Narkoba angkatan ketiga 2019-2020, Sabtu malam, 2 November hingga Minggu, 3 November di Gedung Serbaguna Maros.

Ajang pemilihan duta anti narkoba ini merupakan kegiatan yang digelar Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) bersama Ikatan Duta Anti Narkotika (Ikanara) Maros. Di mana ada sekitar 20 finalis yang telah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan.

Pada puncak malam pemilihan duta anti narkoba ini, mereka kembali beradu kemampuan dan penampilan yang berlangsung hingga Minggu dini hari, 3 November.

Selain Ersa dan Tasya Tribuwana, pemenang yang berada di urutan ke dua yakni M Tri Julianto dan Kartini Arsyad, sedangkan di posisi ketiga berhasil diraih Muh Ikhsan dan Suci Agriani Idrus.

Tak hanya itu, bagi finalis lainnya pun diberikan juara berdasarkan kategori yang telah ditentukan oleh panitia, mulai dari kategori intelegensia, best social media, best public relation hingga juara favorit.

Ketua Gerakan Anti Narkotika (Granat) Maros, Muhammad Bakri mengatakan malam puncak pemilihan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pemilihan Duta Anti Narkoba.

“Jadi 20 orang Duta Anti Aarkoba yang lolos ini sebelumnya telah mengikuti berbagai kegiatan dan penilaian dari panitia. Mereka kita gembleng selama sebulan terakhir,” katanya.

Nantinya kata dia, para Duta Anti Narkoba ini akan mengabdi sebagai duta selama satu tahun ke depan.

Bakri berharap agar kegiatan yang sudah digelar selama 3 tahun berturut-turut itu bisa membuat generasi muda ikut, mengambil peran penting dalam upaya pencegahan Narkoba khususnya Maros.

Apalagi kata dia, saat ini narkoba sangat marak beredar di kalangan generasi muda.

“Kedepannya mereka ini kita harapkan bisa menjadi influencer di komunitas mereka masing-masing. Karena mereka semuakan beda-beda latar belakangnya. Ada pelajar dan mahasiswa. Sehingga kita harapkan mereka ini bisa mengambil peran dalam upaya pencegahan Narkoba di Maros ini,” jelasnya.

Tidak hanya pemilihan duta anti narkoba, namun Granat Maros juga memberikan penghargaan kepada instansi yang dinilai selama ini ikut andil dalam upaya pencegahan Narkoba di Maros.

“Kita juga berikan award ke Camat Maros Baru, Kades Majannang, dan Semen Bosowa yang dinilai punya komitmen bersama dengan kami,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Maros, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yohannes Richard Andrians yang turut hadir mengimbau agar seluruh finalis segera membuat agenda upaya pencegahan Narkoba di tengah masyarakat.

Pasalnya saat ini narkoba sudah marak dikalangan remaja. Sehingga dia menilai jika ajang ini tidak boleh hanya seremonial saja, tapi harus ada langkah kongkret setelahnya.

“Kita berharap agar kegiatan ini tidak hanya seremoni belaka. Kedepannya harus ada langkah-langkah kongkret dari teman-teman duta untuk membuat program bersama sesegera mungkin,”katanya.

Dalam kegiatan ini juga hadir anggota DPRD Maros, Andi Irfan AB, Kasi Intel dan Kasi Pidum Kejari Maros, Wakil Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, Wawan Mattaliu, Ketua KNPI Maros dan beberapa tokoh pemuda lainnya. (rin/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...