Kepala Kehakiman Iran Ingin Seret AS ke Pengadilan Internasional

0 Komentar

Kepala Kehakiman Iran Seyyed Ebrahim Raisi, foto: Iranpress

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Kepala Kehakiman Iran Seyyed Ebrahim Raisi mengatakan bahwa AS harus diadili, karena secara resmi mengakui mereka menciptakan kelompok teroris ISIS.

Pernyataan itu disampaikan dalam pertemuan Dewan Hak Asasi Manusia di Teheran pada hari Minggu, 3 November. Seyyed Ebrahim Raisi menyebut, AS sebagai pendukung utama kelompok teroris ISIS dan meminta pengacara independen dunia dan kelompok hak asasi manusia untuk membawa pelanggar hukum. Hak asasi manusia harus mendapatka keadilan.

“Perilaku anti-hak asasi manusia AS termasuk rasisme yang luas, jatuhnya pesawat penumpang Iran, pembantaian warga Yaman yang tidak bersalah dan Palestina adalah tuntutan hukum yang harus diajukan ke pengadilan internasional,” tandas Seyyed Ebrahim Raisi, dilansir iranpress, Senin, 4 November.

Kepala Kehakiman Iran mengatakan bahwa prinsip-prinsip Islam tentang hak asasi manusia terbaik membela martabat manusia. Dia menguraikan prestasi Iran dalam membela hak asasi manusia dan untuk menunjukkan bahwa Iran berada dalam posisi penggugat, bukan terdakwa.

AS tidak dapat menutupi perannya dalam menciptakan ISIS. Pada 2011 hingga 2014, AS telah memberikan layanan kepada teroris ISIS, memainkan peran penting dalam dukungan logistik dan keuangan untuk kelompok-kelompok teroris.

Menyusul kebrutalan ISIS di Irak dan menyerang sebagian besar negara itu, pemerintahan Obama pada 2014 membentuk apa yang disebut Koalisi Internasional Melawan ISIS. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...