Ketua PGRI: Nadiem Butuh Wamen

Senin, 4 November 2019 09:56

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perpres untuk pos Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sudah diteken oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi mengatakan, wamen sebagai pendamping Mendikbud Nadiem Makarim, memang dibutuhkan. Dia menilai, jika Nadiem sulit bekerja sendiri, dengan kondisi yang ada saat ini.

Hanya saja, tentang siapa yang akan menjabat dia mengaku jika itu adalah hak presiden. Meski begitu, harapannya ada sosok yang mengerti tentang problematika real dunia pendidikan saat ini.

“Mulai dari persoalan guru, guru honorer, karakter, hingga tata kelola keguruan dan pendidikan. Makanya posisi wamen dibutuhkan,” bebernya kepada FAJAR, Minggu, 3 November.

Pekan lalu, Unifah juga bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara. Selain urusan keluarga, dia dan presiden juga berdiskusi, tentang kondisi pendidikan di Indonesia saat ini.

Hanya saja, Unifah membantah jika diskusinya dengan Jokowi, menyinggung soal posisi wakil menteri. “Hanya diskusi biaya saja. Enggak ada soal jabatan atau yang lain. Enggak ada bahas-bahas wamen,” tambahnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Perpres itu menyebut Mendikbud dapat jatah Wakil Menteri (Wamen).

Meski begitu hari ini posisi tersebut masih kosong. Saat pelantikan 12 wamen pun, tak ada posisi untuk pos wakil menteri pendidikan. (ful/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI