Minum Rebusan Daun Sirsak, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

2 Komentar

FAJAR.CO.ID– Buah sirsak dipercaya bisa melawan sel kanker. Tak hanya buahnya, daunnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tak hanya sekadar mitos, tetapi sudah banyak penelitian soal itu.

Sirsak (Annona muricata) dikenal juga dengan graviola atau paw-paw. Komposisi biokimia sirsak juga dikatakan seribu kali lipat lebih efektif membantu pasien kemoterapi dan radioterapi.

Bahkan, obat tradisional banyak menggunakan sirsak dalam mengobati beberapa penyakit. Tanaman ini dikenal untuk mengobati peradangan, rematik, hipertensi, diabetes, dan infeksi parasit.

Daun tanaman sirsak sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi. Selain itu, juga memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetik, kardioprotektif, dan anti-parasit. Cara terbaik mengonsumsi daun sirsak adalah dengan menyeduh daunnya lalu diminum arinya seperti dilansir dari Style Craze, Senin (4/11). Berikut, penjelasan 6 manfaat yang bisa diambil dari rebusan daun sirsak.

Lawan Kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak melawan kanker secara efektif. Studi menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksik dari tanaman sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulitm Biodiesel aktif ini disebut annonaceous acetogenins (AGEs). AGE mengandung sifat antikanker sirsak dan dapat membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker.

Kendalikan Peradangan

Daun sirsak digunakan dalam berbagai kasus mengobati berbagai gangguan peradangan. Beberapa penelitian tikus menunjukkan efek penyembuhan luka, penghilang rasa sakit, dan antioksidan. Ekstrak daun dapat meredakan kondisi peradangan seperti sistitis, rematik, nyeri rematik, demam, diare, disentri, malaria, parasit, dan ruam kulit.

Membantu Mengobati Insomnia

Di Belanda, air yang diseduh dari daun ini juga diketahui bisa memudahkan tidur. Daun sirsak memiliki aktivitas relaksasi otot dan bertindak sebagai obat penenang. Saat menyeruput segelas air daun sirsak, tidur akan lebih nyenyak dan tak stres.

Mengatur Diabetes

Pemberian harian 100 mg/kg ekstrak sirsak pada tikus menunjukkan kontrol glikemik (gula darah) yang kuat. Pengobatan sirsak (selama 28 hari) pada tikus mengurangi kadar glukosa darah dan kadar kreatinin serum. Sirsak juga menyeimbangkan aktivitas enzim hati. Kadar kolesterol total dan trigliserida juga dipulihkan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Antivirus

Ekstrak sirsak menunjukkan sifat antivirus terhadap virus. Ekstrak kulit batang dan batang sirsak tercatat bertindak melawan virus herpes simpleks. Itu karena adanya efek virucidal dari sirsak.

Lindungi Dari Patogen Gigi

Daun sirsak ternyata bersifat bakterisidal dan fungisida. Sirsak menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, dan Candida albicans. Strain ini ditemukan menyebabkan periodontitis, radang gusi, dan penyakit mulut lainnya. Eksperimen laboratorium melaporkan daun sirsak paling manjur melawan jamur Candida albicans yang mengobati gangguan mulut. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...