Sehari, Tiga Pelatih Dipecat

0 Komentar

Niko Kovac dipecat Bayern Munchen/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Persaingan klub di kompetisi elite Eropa terus memakan korban. Setelah beberapa pekan lalu delapan pelatih harus menanggalkan jabatannya, pekan ini nasib sama lagi-lagi menimpa tiga juru taktik di Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol, serta Serie A Italia.

Sejak Senin malam hingga hari ini, tercatat ada tiga pelatih yang kembali terdepak dari kursinya. Dari Bundesliga Jerman, klub penguasa liga, Bayern Munchen memutuskan memecat pelatih Niko Kovac setelah bertugas selama 18 bulan.

Pemecatan dilakukan pada Minggu malam waktu setempat setelah Die Roten terjerambab ke posisi keempat klasemen sementara Bundesliga. Itu setelah mereka kalah 1-5 di markas Eintracht Frankfurt, akhir pekan lalu.

CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge menegaskan, ini keputusan yang sangat sulit. “Kami semua menyesali perkembangan ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Niko Kovac atas nama FC Bayern atas karyanya, terutama karena memenangkan gelar ganda musim lalu. Performa tim kami dalam beberapa pekan terakhir dan hasilnya menunjukkan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk bertindak,” ujar Rummenigge di situs resmi Bayern.

Pada saat hampir bersamaan, klub Serie A Italia, Brescia juga mendepak pelatih Eugenio Corini. Sang allenatore harus melepaskan jabatannya menyusul kekalahan 1-2 Brescia di markas Verona.

Pemecatan Corini dikonfirmasi melalui pernyataan singkat yang dirilis di situs web Brescia. “Klub Brescia Calcio mengumumkan pemberhentian pelatih Eugenio Corini,” demikian pernyataan itu dikutip dari Football Italia.

Pelatih berusia 49 tahun itu ditunjuk pada September 2018 dengan timnya berjuang di Serie B. Ia sukses membantu klub untuk promosi. Namun di Serie A, hingga pekan ke-11, Brescia hanya meraih dua kemenangan, sekali imbang dan tujuh kekalahan. Itu membuat mereka terpuruk di zona degradasi.

Menurut Sky Sport Italia, favorit untuk menggantikan Corini adalah Diego Lopez, yang sudah bekerja dengan Presiden Massimo Cellino di Cagliari. Kandidat lain yang disebutkan adalah Davide Nicola, Beppe Iachini dan mantan Italia CT Cesare Prandelli.

Beberapa jam berselang, giliran Celta Vigo yang memecat Fran Escriba. Escriba dilengserkan setelah kekalahan Vigo di kandang Getafe yang membuat mereka berada di zona degradasi La Liga Spanyol.

Dalam pernyataannya, klub mengucapkan terima kasih kepada Escriba. Javi Gracia, Quique Setién, dan Abelardo Fernandez disebut-sebut sebagai tiga nama dalam daftar pilihan Celta.
Vigo sendiri akan melakukan perjalanan ke Barcelona akhir pekan depan dengan tim Galicia terpaut dua poin dari Real Mallorca di urutan ke-17. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...