HPS 2019 Banjir Pengunjung, Nilai Transaksi Ekonomi Tembus Rp 8 Miliar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Perhelatan akbar Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 di Lapangan MTQ Kota Kendari akhirnya resmi ditutup. Selama empat hari pelaksanaan, terdapat 266 stan pameran dan 88 stan kuliner ramai dikunjungi pengunjung.

Selama tiga hari pameran, total pengunjung diperkirakan 83 ribu orang. Total nilai transaksi, baik dalam bentuk penjualan langsung dalam pameran, bazar UKM, kuliner maupun pemesanan barang senilai Rp 8 miliar lebih.

Sekda Sulawesi Tenggara La Ode mustari sangat mengapresiasi pelaksanaan di wilayahnya. Dirinya memaknai perayaan HPS sebagai momen saling mengingatkan bahwa kekuatan setiap negara ada di pangan. Kakao dan sagu sebagai dua komoditas unggulan wilayahnya yang selama ini terpendam, mampu ditampilkan kepada tamu-tamu manca negara.

“Secara pribadi kami bersyukur betapa kuatnya komitmen kita terhadap pangan. Saya juga terharu setiap elemen saling bahu membahu mensuseskan acara ini. Peringatan HPS adalah berkah bagi kami karena memberikan dampak baik bagi daerah. Potensi daerah berkembang dan memberikan peningkatan bagi roda ekonomi masyarakat. Maka cukuplah kami katakan kegiatan ini berjalan dengan sukses,” ujar La Ode.

Dalam sambutan penutupannya, Direktur Perbenihan Hortikultura, Sukarman menyebutkan peserta yang hadir pada acara pembukaan di Angata tercatat lebih dari 5000 orang. Sebanyak 12 Gubernur/Wakil Gubernur, anggota DPR RI dan DPRD, 71 Bupati/ Walikota seluruh Indonesia, 16 Duta Besar/ perwakilannya, serta perwakilan 6 organisasi Internasional, Kementerian/lembaga terkait, stakeholder, petugas, petani dan masyarakat umum.

  • Bagikan