Kanwil Kemenkumham Sulsel Raih Posisi Kelima Pelayanan KI Terbaik

Tim Kemenkumham Sulsel di Jakarta.

Fajar.co.id, Jakarta — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan kembali memperoleh penghargaan bidang pelayanan. Kali ini, penghargaan diraih pada kategori pelayanan KI.

Dari 33 kanwil se-Indonesia, terpilih 14 kanwil terbaik pelayanan KI dan Kanwil Sulsel menempati posisi Kelima. Hal ini diketahui saat pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Teknis Pelayanan Kekayaan Intelektual Bagi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kegiatan digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta, pada 4-7 November 2019.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kanwil yang menunjukkan keberhasilan pelayanan KI, DJKI memberikan penghargaan kepada 14 Kanwil dengan pelayanan KI Terbaik. Di mana Kanwil Sulsel menempati posisi kelima. Ada pun Kanwil yang memperoleh penghargaan, yakni Jawa Barat, Jambi, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan, Papua Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM dalam sambutannya menekankan pada kegiatan ini bahwa Indonesia sangat kaya dengan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK). Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah yang merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia. Sehingga, harus diberdayakan secara optimal untuk menggerakkan roda perekonomian bangsa.

Dan, diharapkan melalui kegiatan ini bisa mendukung dan mendorong kekayaan intelektual komunal sebagai aset pendorong ekonomi nasional.

Untuk itu pada tahun 2020, Ditjen KI mencanangkan sebagai Tahun KI Komunal. Kemudian terus melakukan koordinasi dengan kanwil untuk memastikan kebijakan perlindungan kekayaan intelektual memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...