Lima Bidang, Ganti Rugi Lahan KA Capai Rp2 Miliar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP– Lima bidang jalur yang bakal dilalui Kereta Api (KA) bakal dibayarkan pemerintah dari 2.197 total bidang lahan KA di Kabupaten Pangkep. Total untuk lima bidang itu pun mencapai Rp2 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Pangkep, Abbas Hasan menyampaikan, saat ini baru lima bidang lahan yang berkas-berkasnya rampung dan telah diverifikasi.

“Baru ada lima bidang yang jelas, sudah jelas sertifikatnya dan sudah dilakukan verifikasi terhadap berkas-berkasnya itu,” ungkapnya.

Adapun kelima bidang lahan itu terletak di Kecamatan Marang dan Kecamatan Minasatene.

“Ada lima titik yang akan dibayarkan untuk pertama, dari sembilan bidang yang diusulkan. Namun baru lima terverifikasi. Dari total jumlah bidang dua ribu lebih,” paparnya.

Lanjut dijelaskan, adapun pembayaran nilai ganti rugi lahan KA itu bakal dilakukan pekan depan. “Nilainya lima bidang itu hampir Rp2 miliar, yang jelas lima bidang ini sudah jelas administrasinya sehingga tidak ada lagi masalah. Kita menunggu 30 bidang lahan lagi yang sementara diverifikasi,” tambahnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Balai Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Ahmad Afandi mengaku pembayaran ganti rugi lahan harus berdasarkan data yuridis yang dipegang oleh pemilik lahan. Ia menyebut, data yuridis pemilik lahan itu sangat penting untuk pembayaran ganti rugi lahan KA.

“Data yuridis ini yang kami perlukan. Tidak akan dibayarkan jika tidak lengkap. Kalau ada sengketa juga harus diselesaikan terlebih dahulu. Sebab kita perlu keabsahan kepemilikan yang jelas, serta surat-surat bukti pembayaran pajak,” ungkapnya. (fit/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...