Preview Chelsea vs Ajax: Ujian Tuan Rumah

0 Komentar

Tammy Abraham dan Frank Lampard/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Duel vital Grup H Liga Champions akan tersaji Stamford Bridge, dinihari nanti. Chelsea yang tengah dalam performa terbaik akan mencoba merebut posisi puncak klasemen dari Ajax yang datang dengan misi revans.

SAMA-SAMA mengoleksi poin enam, hasil matchday keempat ini akan sangat penting bagi kedua kubu. Siapapun yang memenangkan pertandingan akan memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke fase knockout.

Sebagai tuan rumah, Chelsea jelas akan lebih difavoritkan di laga ini. Apalagi, mereka tengah dalam performa terbaik. Teranyar, anak asuh Frank Lampard mengalahkan Watford dalam laga away yang membuat mereka total sudah memenangi tujuh pertandingan tandang beruntun di semua kompetisi.

Rentetan hasil positif itu membuat pemain-pemain Chelsea kini sangat ambisius. Penyerang Chelsea, Tammy Abraham yang total sudah mencetak 10 gol musim ini menegaskan bahwa target mereka untuk setiap pertandingan adalah menjadi pemenang.

“Kami ingin menang dan bermain dengan baik sebagai sebuah tim. Kami keluar untuk setiap pertandingan dengan harapan untuk mengambil tiga poin dan menunjukkan keyakinan kami,” tegas Abraham dikutip dari situs resmi Chelsea.

Lontaran ambisius itu tentu juga berlaku di Liga Champions. Namun, bukan berarti Abraham dan rekan-rekannya bisa dengan mudah mewujudkannya. Ajax yang kalah 0-1 di Amsterdam pada matchday tiga lalu pasti berharap bisa membalas kekalahan mereka sekaligus membuka lebar peluang ke babak 16 besar.

Selain itu, rekor kandang Chelsea tak segemilang saat mereka away. Musim ini, Chelsea sudah menelan tiga kekalahan di kandang. Satu kekalahan mereka derita di matchday pertama Liga Champions kontra Valencia. Sedangkan kekalahan terakhir mereka derita saat menjamu Manchester United di ajang Carabao Cup, tengah pekan lalu.

Torehan buruk kandang itu pun diakui Frank Lampard. Menurutnya, ada kecenderungan lawan bermain lebih terbuka saat mereka melakoni laga tandang sehingga Chelsea bisa meraih banyak hasil positif karena bisa melakukan serangan balik dan menciptakan banyak peluang. “Sedangkan di Stamford Bridge, tim datang dan mempersulit kita untuk melakukan itu dengan bebas,” jelas Lampard.

Walau demikian, legenda Chelsea itu percaya timnya siap menghadapi siapapun saat ini. Para pemain Chelsea menurutnya sudah bekerja keras dan sangat serius berlatih untuk mempersiapkan setiap pertandingan. “Saya diberkati dengan memiliki begitu banyak pemain berkualitas tinggi,” katanya di Sky Sports.

Datang ke London dengan bekal kemenangan 4-2 di markas Zwolle, kubu Ajax tak mau kalah gertak. Pelatih Ajax, Erik Ten Hag mengatakan itu adalah ujian bagus sebelum Liga Champions. “Secara keseluruhan, ini adalah ujian yang baik bagi tim. Tim tetap tenang,” kata Ten Hag di NOS.

Tak hanya hasil positif, Ajax juga menerima tiga kabar baik menjelang pertandingan ini. Edson Alvarez, Martínez dan Donny van de Beek menurut De Telegraaf sudah pulih dari cedera dan siap ikut bertarung di Stamford Bridge.

“Saya merasakan sesuatu seperti hamstring, dekat dengan bagian dimana saya merasa terganggu pada awal musim. Saya ingin terus bermain, tetapi pelatih berpikir lebih baik bagi saya untuk keluar. Dia mengatakan masih ada banyak pertandingan di depan. Saya akan kembali melawan Chelsea pada hari Selasa (Rabu Wita),” kata Van de Beek di Goal.

Seperti Ajax, Chelsea juga tanpa cedera baru. Pemain-pemain seperti N’Golo Kante, Andreas Christensen, dan Ross Barkley bahkan sudah bisa bermain. Dengan demikian, Lampard bisa saja melakukan perubahan kejutan dalam starting eleven-nya di pertandingan ini. (amr)

Prakiraan Pemain
Chelsea (4-2-3-1): Arrizabalaga; Azpilicueta, Zouma, Tomori, Alonso; Jorginho, Kovacic; Willian, Mount, Pulisic; Abraham

Ajax (4-2-3-1): Onana; Mazraoui, Veltman, Blind, Tagliafico; Alvarez, Martinez; Neres, Van de Beek, Ziyech; Tadic

Head to head

24/10/19 Ajax 0-1 Chelsea

Lima pertandingan terakhir Chelsea

03/11/19 Watford 1-2 Chelsea

31/10/19 Chelsea 1-2 Manchester United

27/10/19 Burnley 2-4 Chelsea

24/10/19 Ajax 0-1 Chelsea

19/10/19 Chelsea 1-0 Newcastle

Lima pertandingan terakhir Ajax

02/11/19 Zwolle 2-4 Ajax

27/10/19 Ajax 4-0 Feyenoord

24/10/19 Ajax 0-1 Chelsea

20/10/19 RKC 1-2 Ajax

06/10/19 Den Haag 0-2 Ajax

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...