Ini Bayangan Jokowi Soal Ibu Kota Baru RI

Jokowi

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayangkan ibu kota baru RI di Kalimantan Timur kelak merupakan kawasan pusat pemerintahan yang canggih dan berkelas dunia.

Menurutnya, dengan membangun ibu kota baru maka Indonesia tidak sekadar memindahkan istana dan pusat pemerintahan, tetapi juga membangun smart metropolis.

Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka Indonesia Infrastructure Week (IIW) dan Indonesia Infrastructure Development Financing (IIDF) 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, akan ada sejumlah klaster di ibu kota baru RI.

"Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada klaster pemerintahan, ada klaster teknologi dan inovasi seperti Silicon Valley, ada juga klaster pendidikan kelas dunia di mana universitas-universitas yang terbaik itu ada di situ. Ada juga klaster untuk layanan kesehatan yang kelasnya dunia dan klaster wisata," ucap Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi menginginkan ibu kota yang baru akan menjawab keinginan akan kehidupan perkotaan yang belum pernah ada di Indonesia. Yakni, kota yang memberikan kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya, bebas emisi, namun memiliki layanan transportasi publik yang lengkap.

"Kota yang dinamis, harga terjangkau dan betul-betul kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk, terbuka, yang toleran, yang penuh dengan gotong royong. Inilah bayangan yang ada di benak saya," ungkap mantan wali kota Solo itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...