Konsumsi Daun Lobak, Ini 8 Khasiatnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Percaya atau tidak, daun lobak sebenarnya mengandung lebih banyak nutrisi daripada lobak itu sendiri. Daun lobak mengandung vitamin dan mineral yang membantu mencegah risiko penyakit diabetes, dan reumatik.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun lobak untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (5/11).

Vitamin dan Mineral

Daun lobak yang berwarna hijau mengandung lebih banyak nutrisi daripada lobak itu sendiri. Mereka membantu menyediakan makanan yang kaya nutrisi dan juga beberapa mineral penting seperti zat besi, kalsium, asam folat, vitamin C dan fosfor yang penting untuk banyak fungsi tubuh.

Serat Makanan Tinggi

Daun lobak mengandung lebih banyak serat daripada lobak itu sendiri. Serat dikenal untuk membantu proses pencernaan. Daun lobak membantu menjaga kondisi tidak nyaman seperti sembelit dan perut kembung.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Mengurangi Kelelahan

Daun lobak kaya akan mineral seperti besi dan fosfor, yang meningkatkan kekebalan tubuh. Daun lobak juga mengandung mineral penting lainnya seperti vitamin C, vitamin A, tiamin, yang membantu memerangi kelelahan. Pasien dengan anemia dan kadar hemoglobin yang rendah bisa mengambil manfaat dari mengonsumsi daun lobak, karena zat besi yang ada di daun akan meringankan kondisi medis mereka.

Diuretik

Jus daun lobak adalah diuretik alami. Ini membantu melarutkan batu dan membantu membersihkan kandung kemih. Properti ini juga dibagi dengan lobak, karena mereka juga menunjukkan sifat diuretik. Daun lobak juga menunjukkan sifat pencahar yang kuat yang membantu meringankan sembelit dan perut kembung.

Antiscorbutic

Daun lobak bersifat antiscorbutic. Sederhananya, mereka membantu mencegah penyakit kudis. Hal ini hampir tidak mengejutkan karena daun lobak memang mengandung jumlah vitamin C yang lebih tinggi dan karenanya, daun lobak menunjukkan sifat antiscorbutic yang lebih kuat daripada akar.

Obati Penyakit Kuning

Daun lobak membantu mengobati penyakit seperti penyakit kuning, di mana tubuh menderita hiperbilirubinemia (kulit menguning). Daun lobak telah terbukti efisien dalam membalikkan kondisi ini. Daun lobak harus dihancurkan dan ekstrak daun lobak harus disaring melalui kain berpori. Mengonsumsi setengah liter jus ini setiap hari selama sepuluh hari membantu menyembuhkan penyakit kuning. Banyak toko obat herbal menyediakan jus daun lobak untuk orang-orang yang tidak punya waktu untuk mengekstrak jus daun lobak sendiri.

Rematik

Rematik mungkin adalah salah satu penyakit paling menyakitkan di dunia. Sendi lutut membengkak dan menyebabkan semua jenis ketidaknyamanan. Ekstrak daun lobak dicampur dengan gula dan sedikit air bisa digunakan untuk membuat pasta. Pasta ini bisa dioleskan ke sendi lutut. Penggunaan pasta ini secara teratur bisa membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Membantu Mencegah Diabetes

Daun lobak memiliki banyak sifat yang membantu mereka mengurangi kadar gula darah. Dengan demikian, lobak hijau adalah beberapa makanan yang paling penting untuk dimasukkan dalam rencana diabetes.(fny/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...