Viral, Sudah 10 Tahun Warga Ibukota Jakarta ini Tak Nikmati Listrik

0 Komentar

Kudus (55), harus merasakan gelapnya hidup tanpa aliran listrik selama 10 tahun terakhir di Jakarta.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kudus (55), harus merasakan gelapnya hidup tanpa aliran listrik selama 10 tahun terakhir di Jakarta. Rumah Kudus yang berada di Jalan Kalianyar X RT002/RW006, Kalianyar, Taman Sari, Jakarta Barat, aliran listriknya diputus oleh PT PLN Persero, karena tidak mampu membayar biaya listrik.

“Ya sudah lama, ini sekitar 10 tahun lalu rumah saya tidak dialiri listrik, karena memang tidak mempunyai uang dan sudah diputus,” ujar Kudus.

Kondisi rumahnya dalam keadaan gelap. Hanya ada sumber cahaya dari pintu dan jendela rumah. Gelapnya ruangan ditambah lagi karena cuaca saat itu mendung dan langit sedang gelap. Di dalam kamar tidak ada lampu maupun saklar listrik sama sekali.

Rumah Kudus berada dalam gang sempit. Jalan menuju rumahnya hanya bisa dilalui satu orang. Rumah berukuran 5×3 meter tersebut berada di tengah-tengah bangunan lainnya.

Tidak ada halaman, hanya ada tembok tetangga di depan dan kanan kirinya. Puluhan botol plastik dalam karung menumpuk di depan rumah Kudus.

Saat wartawan melangkah masuk ke dalam rumah, bau cat langsung menyeruak. Dalam rumah petak tersebut hanya ada satu rak plastik susun berwarna cokelat dan kasur springbed yang sudah usang dan sobek.

Tidak ada peralatan elektronik, hanya ada lampu led 10 watt yang menjuntai dari langit-langit. Sumber cahaya saat itu hanya dari pintu dan jendela.

“Lampu itu baru dipasang hari Minggu kemarin. Perasaan saya juga biasa saja mau gelap atau terang sama saja, ” ujar Kudus, Selasa (5/11). (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...