Gol Injury Time Costa, Juventus Kalahkan Lokomotiv dan Lolos ke 16 Besar

0 Komentar

Aaron Ramsey mencetak gol pertama Juventus/Teller Report

FAJAR.CO.ID, MOSKOW—Juventus meraih kemenangan dalam lawatan mereka ke markas Lokomotiv Moskow di matchday keempat Liga Champions. Gol pemain pengganti, Douglas Costa di menit-menit akhir pertandingan memastikan Si Nyonta Tua menang tipis 2-1 atas Loko.

Pada pertandingan yang berlangsung di Lokomotiv Stadium, Juventus hanya butuh empat menit untuk menjebol gawang tuan rumah. Diawali pelanggaran di sisi kiri, tendangan bebas Cristiano Ronaldo tidak mampu diantisipasi dengan baik kiper Lokomotiv, Guilherme. Bola yang memantul di depannya lepas dari tangkapannya yang tinggal dicocor Aaron Ramsey ke dalam gawang.

Namun tuan rumah bereaksi cepat. Di menit ke-12, Aleksey Miranchuk mampu mencetak gol balasan. Bermula dari umpan silang yang ditanduknya, bola mengenai tiang gawang. Bola pantul itu kemudian disambar kembali oleh Miranchuk untuk menaklukkan Wojciech Szczesny.

Juventus yang melakukan 63% penguasaan bola nyaris kembali unggul di menit ke-34 saat umpan terukur Sami Khedira di depan gawang disambar Gonzalo Higuain. Namun, sepakan first time bomber Argentina itu bisa ditepis kiper dan hanya menghasilkan sepak pojok. Begitu pula ketika dua menit berselang Higuain kembali mendapat kesempatan melepaskan tendangan keras, bola lagi-lagi bisa diblok Guilherme.

Ronaldo juga mendapat peluang bagus di menit ke-45. Akan tetapi tendangan kerasnya saat mendapat bola liar di kotak penalti melenceng jauh di atas mistar gawang. Tuan rumah yang total hanya melepaskan dua tembakan tepat sasaran di babak nyaris tanpa peluang berarti setelah mencetak gol sehingga paruh pertama berakhir 1-1.

Kembali dari ruang ganti, Ronaldo memberi ancaman pertama lewat tendangan bebas dari jarak 27 meter. Namun, kiper berhasil melakukan penyelamatan. Begitu juga ketika Ronaldo mendapat bola matang dari Alex Sandro beberapa menit kemudian, Guilherme lagi-lagi bisa menepisnya.

Lokomotiv yang terus tertekan juga mendapat peluang bagus di menit ke-60. Namun, tendangan mendatar Miranchuk bisa ditangkap dengan mudah oleh Wojciech Szczesny. Di menit ke-77, Lokomotiv bahkan nyaris berbalik unggul saat Joao Mario mendapat bola di depan kotak penalti dan kiper Wojciech Szczesny sudah meninggalkan gawangnya. Sayang, bola tendangan kerasnya yang sudah mengarah ke dalam gawang bisa ditahan Leonardo Bonucci.

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri yang sudah memasukkan Rodrigo Bentancur dan Douglas Cousta menggantikan Ramsey dan Khedira di menit ke-80 memutuskan menarik Ronaldo di menit ke-80. Sebagai gantinya, ia memasukkan Paulo Dybala yang mencetak dua gol di pertemuan sebelumnya.

Tuan rumah juga melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Murilo Cerqueira dan Aleksandr Kolomeytsev menggantikan Rifat Zhemaletdinov dan Joao Mario. Namun mereka tetap kesulitan menembus pertahanan Juventus.

Di menit kedua injury time, Douglas Costa akhirnya bisa memastikan kemenangan Juventus. Diawali pergerakan di sisi kiri, Costa menerebos hingga ke kotak penalti dan melakukan kerja sama satu-dua dengan Higuain sebelum menaklukkan penjaga gawang.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Juventus yang mengoleksi poin 10 dan memuncaki klasemen Grup D dipastikan lolos ke babak 16 besar. Mereka unggul tiga angka atas Atletico Madrid dan tujuh poin dari Lokomotiv yang tertahan di posisi ketiga dengan poin tiga. Dengan dua laga sisa, Lokomotiv tidak bisa lagi mengejar poin Juve. (SCTV/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...