Hagia Sophia Difungsikan Jadi Masjid seperti Era Utsmaniyah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, ANKARA– Pengadilan administratif tertinggi Turki memutuskan, Museum Chora atau yang dikenal Hagia Sophia, yang sebelumnya merupakan Gereja Bizantium Penyelamat Suci di lingkungan Edirnekapi di Istanbul, akan digunakan kembali sebagai Masjid untuk umat Islam.

Menurut halaman depan sebuah surat kabar turki Yeni Safak, Selasa (5/11), Hagia Sophia akan kembali berfungsi sebagai masjid bagi umat Islam.

Dilansir di greece.greekreporter.com, Rabu (6/11) Dewan Negara Turki sepakat sebuah museum yang terakhir kali digunakan sebagai gereja akan kembali menjadi tempat ibadah umat Islam seperti di era Utsmaniyah.

Menurut media Yeni Safak, keputusan dari pengadilan ini dapat membuka jalan bagi keputusan yang sama tentang Gereja katedral Ortodoks Yunani Hagia Sophia.

Pemerintah Turki sebelumnya telah mengatakan, akan mengubah kembali katedral era Bizantium ini menjadi sebuah masjid pada beberapa kesempatan.

Sementara pada Maret 2019, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pernah membuat pernyataan untuk mengubah namanya dari museum menjadi Masjid Hagia Sophia.

Saran Erdogan membuat marah Yunani. Karena bangunan yang dibangun pada abad ke-6 pada awalnya adalah gereja Ortodoks Yunani. Kemudian berubah menjadi masjid setelah penaklukan kota Utsmaniyah, yang kemudian dikenal sebagai Konstantinopel, pada tahun 1453.

Pendiri sekuler Turki mengubah bangunan itu menjadi museum pada tahun 1935 yang menarik jutaan turis setiap tahun. Hagia Sophia juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. (fin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...