JK dan Wiranto Okelah, Tapi Ahok Tunggu Dulu

0 Komentar

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Figur yang akan duduk di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) masih misterius. Hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan sembilan nama untuk lembaga nonstruktural yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada kepala negara itu.

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, setidaknya ada dua nama yang pantas duduk di Wantimpres, yakni Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) dan Menko Polhukam Kabinet Kerja Wiranto. Ujang menyebut kedua tokoh itu punya kapasitas dan pengalaman untuk duduk di Wantimpres.

“JK bisa (menjadi Wantimpres) karena berpengalaman di bidang ekonomi. Wiranto mungkin akan diakomodasi di bidang pertahanan dan keamanan,” kata Ujang kepada jpnn.com, Rabu (6/11).

Bagaimana dengan nama mantan Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok yang juga disebut-sebut cocok menjadi Wantimpres? Ujang mengatakan, Presiden Jokowi akan menuai blunder jika menunjuk Ahok menjadi penasihatnya.

“Ahok sulit menjadi Wantimpres, karena akan memiliki resistensi bagi Jokowi. Akan banyak ditolak publik,” terang dia.

Prinsipnya, kata Ujang, sosok Wantimpres adalah figur yang memiliki pengalaman, integritas, loyalitas dan keahlian. Selain itu, sosok Wantimpres terbebas dari penolakan publik.

“Wantimpres itu penasihat presiden, jadi harus punya keahlian. Jika tidak ahli, bagaimana ingin memberi masukan dan nasihat ke Presiden,” tegas dia.(mg10/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...