Menderita Ambeien, Hindari 5 Jenis Makanan Ini

FAJAR.CO.ID-- Anda sering merasa sakit dan perih di bagian anus ketika duduk atau sedang berdiri? Bisa jadi Anda menderita ambeien atau yang disebut juga wasir. Untuk mencegah kondisi semakin parah, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari.

Gangguan kesehatan yang dikenal juga dengan istilah hemoroid ini merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran pembuluh darah yang terjadi di sekitar anus. Pembuluh darah yang melebar ini sering kali teregang hebat, menipis dan teriritasi.

Biasanya, kondisi ini terjadi karena faktor risiko yang terus berulang. Misalnya, sering buang air besar yang keras.

Selain bantuan medis, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang disebut-sebut bisa memperburuk kondisi ambeien. Berikut beberapa di antaranya, seperti yang dijelaskan dr. Citra Roseno dari KlikDokter:

Makanan olahan

Makanan yang rendah serat –seperti makanan olahan atau junk food, bisa memperburuk kondisi ambeien Anda. Hal ini dikarenakan serat berperan penting untuk melancarkan sistem saluran cerna.

Jika tubuh Anda kekurangan serat, maka sistem pencernaan jadi terganggu. Kalau sudah begitu, Anda akan semakin sulit untuk buang air besar dan risikonya kondisi ambeien bisa memburuk.

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam

Makanan yang mengandung garam tinggi (termasuk makanan olahan), bisa memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan dalam usus jadi lebih lamban.

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...