Minta DAK Rp1,3 Triliun, Hanya Terima Rp446 M

0 Komentar

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemprov Sulsel menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 sebesar Rp446 miliar. Kucuran dana ini hanya sepertiga dari permintaan Pemprov Sulsel yakni sebesar Rp1,3 triliun.

Plt Kepala Bappeda Sulsel, Rudy Djamaluddin, mengatakan, usulan DAK Sulsel sesungguhnya sebesar Rp1,3 triliun. “DAK ini untuk pemerataan seluruh provinsi dan kabupaten. Alokasi DAK kita naik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Rudy.

Serapan DAK terbesar ada pada sektor pendidikan mencapai Rp191 miliar, kesehatan dan KB Rp69 miliar. Adapun DAK jalan mencapai Rp97 miliar serta DAK irigasi Rp21 miliar.

Rudy menjelaskan, untuk DAK jalan, pihaknya menggunakan anggaran untuk pembangunan jalan terpencil dan terisolasi. Pemprov akan melaksanakan proses perbaikan jalan secara terpusat. “Seperti di Sabbang-Tallang Luwu Utara, Bua dan jalan prioritas lainnya. Jadi tidak terbagi lagi untuk jalan-jalan kecil,” ucapnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengungkapkan, DAK itu juga harus didukung dari APBD. “Makanya, kita genjot daya serap di masing-masing daerah. Daya serap harus kita pacu. Makanya kita minta kepada daerah apa yang menjadi hambatan mengapa daya serap itu rendah,” ungkapnya. (rdi/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...