Nurdin Halid Disebut Terganjal AD/ART di Pencalonan Kembali di Dekopin

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Kota Makassar.

Dua nama menguat yakni incumbent Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan Fadel Muhammad.

Fadel yang juga kini Wakil Ketua MPR Periode 2019-2024 menyatakan sikapnya maju pada pemilihan Dekopin yang dijadwalkan berlangsung pada 11 – 14 November 2019.

Tim dari Fadel Muhammad dalam pencalonannya di Dekopin, Imam Fathurrahman  menyatakan niatnya maju pada pemilihan ketua Dekopin, itu tak lepas dari dorongan pengurus Dekopimda dan induk koperasi dibeberapa sejumlah daerah di Indonesia yang menginginkan adanya perubahan dalam Dekopin.

“Awalnya itu dari bapak Burhanuddin Abdullah, ia adalah Rektor institite Koperasii Indonesia yang mendorong  Pak Fadel untuk Maju di Dekopin mengantikan Nurdin Halid. Kemudian pengurus dekopinda juga menginginkan Pak Fadel Maju,” kata Wasekjen Induk koperasi Kariawan itu saat dihubungi, Selasa, 6 November.

Menurut Fathurrahman peluang Mantan Gubernur Gorontalo Itu sangat bepeluang pimpim Dekopin, mengklaim telah sudah mendapat dukungan 75 dukungan suara. 

“Pak Fadel sudah mulai mengalang dukungan. Pak Fadel kini sudah mengantogi 75 persen pemilik suara, semoga para meraka semua solid tidak ada perubahan, karena mereka rata rata menginginkan perubahan dari segi kebijakan,” ucap Imam.

Pada pemilihan Dekopin pemilik suara sebanyak 430 dari Dekopinda Kabupaten, 34 dari Provinsi dan 60 dari Induk Koperadi. 

Lanjut Imam menjelaskan bahwa Nurdin Hilid sesuai aturan Dekopin, Nurdin Halid tak bisa lagi mencalonkan karena karena sudah dua perioden menjabat sebagai ketua Dekopin.

“Dalam AD/ART Dekopin, pasal pimpinan itu diatur 5 tahun periode dan maksimal 2 kali berturut turut. Kalau sesesuai aturan itu pak Nurdin Halid tak bisa lagi maju,” tegas Imam

Sebelumnya, Nurdin Halid selalu Ketua Umum Dekopin sudah menyambangi sejumlah tokoh untuk diundang hadir dalam Munas tersebut. Salah satu diantaranya adalah Mentan RI Syahrul Yasin Limpo.

Sebagai catatan, Fadel Muhammad pernah menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu II dari 22 Oktober 2009 hingga 18 Oktober 2011.

Dia juga menjabat sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo sejak 10 Desember 2001 hingga 22 Oktober 2009. Pada pilkada Gorontalo 2006 yang dilaksanakan pada 26 November 2006, ia memperoleh 81 persen suara dan tercatat di rekor MURI sebagai rekor pemilihan suara tertinggi di Indonesia untuk pemilihan gubernur. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...