Penyakit Ambeien, Obati dengan 5 Cara Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Anda yang mempunyai penyakit ambeien tentu sangat menganggu aktivitas keseharian. Meski terkesan sepele, penyakit ambeien tidak bisa disepelekan begitu saja.

Pengobatan ambeien

Bila kondisi ambeien cukup parah –seperti timbul benjolan besar dan sulit untuk disembuhkan, dr. Arina Heidyana dari KlikDokter menyarankan tindakan bedah/ operasi.

Tapi jika ambeien yang Anda rasakan masih dalam tahap awal dan belum berlangsung lama, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

Rendam dengan air hangat

Selain merelaksasi otot punggung, berendam air hangat juga bisa mengendurkan dan membuat otot-otot yang tegang di sekitar anus lebih rileks.

Tak hanya itu, air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Anda bisa mencampurkan 1 sdm garam pada air hangat untuk membantu menyempitkan ambeien.

Jangan duduk terlalu lama

Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk berjalan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Anda bisa berjalan untuk mengambil air minum atau sekedar menyapa teman ke mejanya.

Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan ambeien. Hindari juga olahraga yang mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama, seperti yoga dan bersepeda.

Cukupi asupan serat

Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga diharapkan melakukan pengobatan dari dalam. Bagaimana caranya? Dengan rutin mengonsumsi buah yang mengandung serat tinggi.

Anda bisa makan buah seperti pepaya dan pisang agar ambeien dapat cepat teratasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan untuk bantuan ekstra dalam mengatasi ambeien.

Tiduran

Setelah seharian bekerja, berbaringlah untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan membantu penyembuhan ambeien.

Tiduran sambil menekuk kaki kurang lebih setengah jam, dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area belakang dan akhirnya bantu mengecilkan benjolan yang timbul akibat ambeien.

Minum obat

Jika cara-cara di atas belum dapat membantu meringankan rasa sakit akibat ambeien, makan Anda memerlukan obat khusus ambeien/ wasir.

Konsultasikan pada dokter obat yang dapat membantu mengatasi kondisi Anda. Biasanya, dokter akan memberikan dua pilihan obat yakni obat yang diminum atau obat yang dioleskan pada anus.

Nah, bagi penderita ambeien, agar kondisi tidak semakin parah ingatlah jenis-jenis makanan yang harus Anda hindari. Lebih baik pastikan untuk mencukupi asupan serat dengan mengonsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Jika ambeien tidak sembuh dalam kurun waktu satu minggu, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.(RH/klikdokter/jpnn/fajar)

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...