Politeknik Indonesia Siapkan 100 Kuota Beasiswa Anak Yatim Piatu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Satu lagi kampus baru yang akan memperkuat pendidikan vokasi di Makassar. Politeknik Indonesia (Polindo) beralamat di Gedung Growth Center, Aptisi, Jl Perintis Kemerdekaan I.

Pembentukannya tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 827/KPT/I/2019. Polindo menyiapkan tiga program studi (prodi) yakni D4 Sanitasi Lingkungan, D3 Akuntansi, dan D3 Teknologi Lingkungan.

Sebagai langkah awal, Ketua Yayasan Pendidikan Vokasi Polindo, HR Fajar telah menyiapkan 100 kuota beasiswa bagi calon mahasiswa baru (camaba) yatim piatu dan fakir miskin. Hal tersebut berupa diskon 50 persen uang pangkal, gratis SPP, dan uang saku.

“Kami telah melakukan sosialisasi ke beberapa panti asuhan untuk menyeleksi anak yatim piatu. Mereka harus berprestasi dan memiliki keinginan kuat untuk belajar,” jelasnya kepada FAJAR saat ditemui di Kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Selasa, 5 November.

Lebih lanjut, Polindo telah menjalin kerja sama dengan 17 industri baik instansi pemerintah maupun swasta. Sebut saja PLN, Pelindo, Pertambangan, Rumah Sakit, dan Bank. Merekalah yang akan menyerap para alumni sebagai tenaga kerja.

“Setiap industri kami libatkan dalam pembentukan kurikulum. Misalnya dengan PT PLN yang membutuhkan SDM di bidang sanitasi lingkungan,” tambahnya.

Selain itu, mahasiswa Polindo juga tidak akan mengerjakan skripsi, digantikan dengan Program Kerja Lapangan (PKL) selama enam bulan di perusahaan mitra.

“Mereka juga punya sertifikat kompetensi. Pengakuan kepada alumni bahwa mereka memiliki kapasitas lebih,” bebernya.

Sekadar diketahui, kampus yang menyiapkan tenaga terampil ini membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) sejak 14 Oktober hingga 18 November 2019. (sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...