Waspada, Pakai SIM Card Bekas Bobol Kartu Kredit

Kartu Telepon Bekas

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Budi Tantoro tidak menyangka kartu kreditnya di enam bank dibobol dengan menggunakan SIM card lawas yang sudah dimatikan. Nomor seluler lamanya ternyata aktif lagi dan digunakan untuk membobol sandi kartu kredit. Kartu itu kemudian dipakai belanja online. Duit yang hilang Rp 88 juta.

Pria yang tinggal di kawasan Surabaya Timur itu sudah melaporkan kasus yang dialaminya ke Polda Jatim. Budi menceritakan, pada 22 Juli 2018, dia menonaktifkan nomor selulernya di Grapari Galaxy Mall Surabaya dengan alasan tertentu. Nomor tersebut selama ini terhubung dengan semua kartu kredit miliknya.

Budi yakin semua data yang terhubung dengan nomor tersebut akan terhapus. Termasuk nomor-nomor kartu kreditnya. ”Data-data pengguna lama mestinya juga sudah terhapus,” kata Budi.

Telkomsel ternyata mengaktifkan kembali nomor tersebut dan menjualnya kepada orang lain. Pria 34 tahun itu mulai curiga. Ketika dirinya tidak bisa mengakses e-mail pada 28 April 2019.

Nah, e-mail itu terhubung dengan nomor yang sudah dinonaktifkan. Saat mencoba verifikasi, sistem mengirim kode verifikasi ke nomor seluler yang sudah mati. Budi tidak bisa melihat dan menggunakan kode verifikasi tersebut karena nomor itu sudah milik orang lain.

Sejak e-mail-nya diretas, Budi mendapati serentetan pembobolan kartu kreditnya di enam bank. Di salah satu bank, ada empat transaksi senilai Rp 25,3 juta. Transaksi itu merupakan belanja di salah satu toko online. Dia juga ditagih bank lain sampai Rp 28 juta.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...