Ini Pesan Kakanwil Kumham kepada Notaris Sulbar

0 Komentar

Kakanwil Kumham Sulbar, Harun.

FAJAR.CO.ID — Kakanwil Kumham Sulbar, Harun Sulianto, selaku majelis pengawas notaris Sulbar, mengatakan bahwa negara memberikan kewenangan atributif kepada notaris sebagai pejabat umum untuk melaksanakan sebagian fungsi publik dalam hukum perdata yaitu membuat akta autentik.

Untuk itu, notaris dituntut selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam membuat akta. Memegang prinsip tidak melampaui batas kewenangannya, prinsip mengenal klien, prinsip mengidentifikasi dokumen berupa penulisan isi dan legalitas.

“Memang bukan tugas notaris untuk memastikan kebenaran materil dari data yang diajukan penghadap, namun bukan berarti notaris tidak perlu melakukan tindakan kehatian-hatian untuk menghindari kelalaian,” katanya.

Seperti, lanjut Harun, keaslian KTP elektronik bisa dicek secara langsung di Dinas Dukcapil jika terdapat keraguan.

“Jangan selalu berlindung pada keterangan pihak yang paling benar. Harus dilihat terlebih dahulu apakah perbuatan pihak tersebut bisa merugikan orang lain atau tidak. Juga pegang teguh kode etik,” ucap Harun ketika memberikan sambutan pada Konferwil Notaris Sulbar di Hotel Matos Mamuju, kemarin.

Dia juga meminta agar notaris menjaga integritas, taati hukum pajak, dan tindak pidana pencucian uang. Hindari hal-hal yang akan berhubungan dengan pemalsuan dan penggelapan sebagaimana diatur dalam KUHP.

“Notaris juga diharapkan dapat menjadi penggerak perekonoian di Sulawesi Barat.” tutup Harun. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...