Kejaksaan Tegaskan Khayangan Milik Pemkot Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kejari Makassar menilai anggapan yang menyebut Pemkot Makassar tak memiliki alas hak atas Pulau Khayangan, keliru.

Kasi Datun Kejari Makassar, Adnan Hamzah menguraikan, status kepemilikan Pemkot Makassar atas Pulau Khayangan diatur dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 17 tahun 2016, tentang Penataan Pertanahan di Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil.

“Pulau kecil dan tanah tumbuh adalah milik negara/daerah. Bukti lain adalah perjanjian pengelolaan ke pihak ketiga, sehingga pasti adalah alas haknya,” tambahnya.

Mantan Kasi Pidum Kejari Bone ini menambahkan, khusus untuk Pulau Khayangan, pihaknya telah menyampaikan berita acara pertemuan dengan pihak ketiga ke Pemkot Makassar. Hasil pertemuan tersebut dinyatakan tidak ditemui kesepakatan, sehingga sebaiknya diajukan pada tahap gugatan.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar terus mengupayakan pengembalian aset milik Pemkot Makassar yang masih dikelola pihak ketiga. Sebanyak 13 dari 29 aset yang diberikan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Makassar berhasil dikembalikan.

Kasi Datun Kejari Makassar, Adnan Hamzah mengungkapkan, aset yang berhasil dikembalikan ke Pemkot Makassar di antaranya, dua pasar dan selebihnya adalah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang berasal dari pengembang.

“Pasar yang kami berhasil kembalikan itu Pasar Cidu dan Pasar Terong. Untuk fasum/fasos seingat saya taman di perumahan Griya Prima Tonasa dua titik,” kata Adnan, Kamis 7 November.

Adnan menjelaskan, untuk fasum/fasos yang diselamatkan, belum diserahkan ke JPN atau pemkot. Namun sudah ada surat pernyataan kesediaan penyerahan oleh pihak ketiga. Kini tinggal tahap verifikasi lengkap dan perhitungan apakah sesua dengan perjanjian.

“Kita sementara lengkapi berkas semua. Sedangkan untuk Pasar Butung masih tahap menimbang langkah yang harus dilakukan, apakah lanjut ke gugatan atau pendekatan non litigasi,” ungkapnya. (edo/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...