Pemprov Sulbar Kembangkan Tanaman Sereh Wangi

Jumat, 8 November 2019 10:48

FAJAR.CO.ID, MAMASA– Provinsi Sulawesi Barat saat ini tengah mengembangkan tanaman Sereh Wangi di pegunungan Kampung Rante Rano, Desa Rante Kamase, Kecamatan Sumarorong, Mamasa. Pemprov Sulbar bekerja sama dengan PT Kencana Hijau Bina Lestari untuk pembuatan Demontration Plot (Demplot) di lahan 10 hektare.

Di lahan perbukitan itu, rencananya akan ditanam 400 ribu bibit serai wangi. Namun, proyek yang baru dimulai 12 Juni ini baru ditanam sekitar separuh lahan atau 4,8 hektare.

“Perusahaan juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Mulainya 12 Juni mulai ditanam, kira-kira setahun sudah bisa dipanen,” kata Konsultan PT Kencana Hijau Bina Lestari, Rita Kartika, Jumat, 8 November.

Tanaman rumput-tunputan dengan nama ilmiah Cymbopongon Nardus L ini punya banyak manfaat. Memiliki aroma yang khas, mudah menguap dan larut dalam alkohol. Serei Wangi digunakan untuk bahan baku industri sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, pengusir serangga, dan aroma terapi.

“Manfaatnya banyak, aroma terapi, digunakan juga sebagai bahan aktif pestisida nabatai, bahan baku pembuatan bio-aditif Bahan Bakar Minyak (BBM), dan bahan baku kosmetik,” katanya.

Bagikan berita ini:
1
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar