Ratusan Massa Menuntut Maha Guru Puang La’lang Dibebaskan

0 Komentar

Demo Ratusan Massa Tuntut Pimpinan Tarekat Ta’jul Khalwatiyah Dibebaskan

FAJAR.CO.ID,GOWA–Ratusan massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Polres Gowa, Jum’at 8 November 2019.

Ratusan massa ini menuntut agar pimpinan Tarekat Ta’jul Khalwatiyah, Puang La’lang segera dibebaskan. Sebelumnya, Puang La’lang atau Maha Guru ini ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama.

Puang La’lang selanjutnya dijerat dengan pasal pencucian uang berdasarkan penyelidikan yang dilakukan pihak penyidik Polres Gowa. Puang La’lang ini diduga memungut sejumlah uang dari para pengikutnya dengan cara menjual kartu surga. Kartu surga ini yang kemudian diklaim dapat membebaskan dosa-dosa para pengikutnya.

“Tersangka menjual kartu surga yang disebut Kartu Wafiq ke jamaahnya dengan harga Rp10.000 hingga Rp50.000,” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, dikutip dari radarselatam.co.id.

Persangkaan terhadap Puang La’lang ini kemudian menjadi alasan ratusan massa GMBI melakukan aksi unjuk rasa. Usai melakukan aksi tersebut, pihak GMBI kemudian melakukan dialog dengan Wakapolres Gowa Kompol Muh Fajri Mustafa.

Muh Fajri mengatakan dalam dialog tersebut, massa meminta agar penahanan Puang La’lang dapat ditangguhkan. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan karena sejak tanggal 24 Oktober 2019 yang lalu Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga telah dimutasi ke Mabes Polri dan untuk kebijakan lanjut akan diambil oleh kapolres yang baru.

“Semua tuntutan dari perwakilan dari pengunjuk rasa sudah kami jelaskan dan berharap mereka tetap patuh dan taat pada prosedur hukum yang berlaku,” tutupnya. (rdrsltn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...