BBM Langka, Butuh Solusi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), terutama jenis subsidi, seharusnya sudah ada jalan keluar. Bukan malah adu argumentasi.

Pengamat Ekonomi Unhas, Anas Iswanto Anwar Makatutu, mengatakan, pemerintah dan pihak terkait lainnya harus membahas masalah ini. Permasalahnya harus ada titik temu untuk bisa memberikan solusi.

Harapannya, dari pertemuan tersebut lahir kebijakan yang betul-betul solusi. Bukan kebijakan yang seolah dibuat, tetapi masalah tetap ada. Persoalan ini tidak boleh ditangani santai.

Jika kelangkaan ini berlanjut terus, maka bisa berdampak besar terhadap stabilitas ekonomi. Misalnya, jika truk tak mendapat BBM, maka bisa memperlambat pembangunan. Sebab, pengantaran bahan bangunan ke lokasi akan tersendat.

Begitupula dengan harga-harga. Jika distribusinya tidak lancar, maka bisa saja terjadi kelangkaan dan berdampak pada kenaikan harga.

Untuk ke depan, sebaiknya memang truk roda enam ke atas sudah dilarang menggunakan solar. Tidak etis seorang pengusaha menggunakan fasilitas subsidi. “Subsidi itu kan untuk warga miskin,” kata Ketua Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unhas yang hobi bersepeda itu. (FJR)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...