Bus Low Deck Trans Semarang Beroperasi Pagi dan Sore, Segini Tarifnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melakukan uji coba bus tipe dek rendah (low deck) untuk Trans Semarang. Hendi, sapaan akrabnya, menumpang bus tersebut dari Balai Kota hingga Bundaran Tugu Muda dan kembali ke Balai Kota.

Peluncuran uji coba tersebut dilakukan bertepatan dengan upacara Hari Pahlawan di Balai Kota. Bus low deck Scania Chassis K250 UB-4X2 untuk uji coba Koridor 1 rute Mangkang-Penggaron.

“Uji coba bus ini beda, karena jenis low deck. Jarak antara tanah dan lantai bus tidak tinggi. Yang difabel dan yang kesulitanan naik bisa mandiri,” kata Hendi seusai uji coba Bus low deck di Balai Kota, Minggu (10/11).

Pihaknya menyambut baik uji coba bus low deck ini. Menurut Hendi, bus tersebut akan dipinjamkan selama sebulan dan bisa diperpanjang jika mendapat respons positif dari masyarakat melalui media sosial. “Ya ini dipinjamkan sebulan dan akan kita lihat responsnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, bus low deck ini akan beroperasi pagi dan sore. Masing-masing dua trip hingga 30 November 2019.

Sebelumnnya Trans Semarang juga telah melakukan uji coba untuk mengetahui kondisi medan jalan yang akan dilalui bus itu pada Kamis (7/11/2019).

Dari uji coba diketahui kontur medan jalan di koridor 1 sangat layak dilalui. “Uji coba ini dilakukan mengingat bus tipe low deck. Kami ingin memastikan sebelum beroperasional, bus ini nyaman digunakan,” kata Ade.

Bus low deck tersebut berkapasitas 41 tempat duduk, menghadap depan seat 2X2, kemudian terdapat 2 kursi lipat, 1 tempat kursi roda, 1 kursi untuk operator dan 25 pegangan untuk penumpang yang berdiri. Di dalam bus juga dilengkapi dengan 7 CCTV dan pengaman untuk kursi roda.

“Bagi pengguna jasa yang sudah menantikan bus ini mengaspal Senin besok, tarif yang dibayar tidak mengalami perubahan. Tarif Trans Semarang sesuai Perwal 54 tahun 2019, untuk Umum Rp 3500, Pelajar/Mahasiswa/KIA Rp 1000,” ungkapnya. (Sen)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...