PSM Takluk di Kandang Kalteng Putra

0 Komentar

Pelatih PSM, Darije Kalesic/ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, PALANGKARAYA—PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah, Kalteng Putra dalam laga lanjutan Liga 1 2019. Melawat ke Stadion Tuah Pahoe, Minggu, 10 November, malam ini, Pasukan Ramang takluk 1-3.

Pada laga ini, PSM dikejutkan dengan gol cepat tuan rumah saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gol Kalteng Putra dilesakkan Elthon Maran berkat assist kapten tim, I Gede Sukadana.  

PSM mencoba menekan setelah tertinggal. Namun, tanpa Wiljan Pluim, PSM terlihat kesulitan memberi ancaman. Bahkan, gawang Rivki Mokodompit kembali jebol di menit ke-23.

Lewat skema serangan balik, Eydison Suarez menggandakan keunggulan. Menerima umpan terobosan Takuya Matsunaga, Edyson mampu memperdaya Rivki sebelum menceploskan bola ke dalam gawang yang sudah kosong ditinggal sang kiper yang mencoba menutup pergerakannya.

Tertinggal 0-2, Zulham Zamrun ditarik keluar oleh pelatih Darije Kalezic di menit ke-25. Pemain muda, Muhammad Aji Kurniawan dimasukkan. Pergantian itu berbuah hasil. Pada menit ke-39, Aji Kurniawan berhasil mencetak gol lewat tendangan voli usai menerima umpan dari Raphael Maitimo di kotak penalti. Skor 2-1 ini bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, PSM tampil lebih agresif. Namun, tuan rumah lebih dulu memberi ancaman lewat Elthon di awal paruh kedua. Setelah itu, PSM mendapat peluang emas di menit ke-66. Sayang, tendangan backheel Rizky Pellu yang mencoba meneruskan bola hasil tendangan bebas Rasyid Bakri masih melenceng di atas mistar gawang.

Memburu gol penyama kedudukan, Kalezic mencoba menambah daya gedor pasukannya. Top skor sementara PSM, Ferdinand Sinaga dimasukkan menggantikan bek kanan, Beny Wahyudi di menit ke-70.

Tapi, bukannya mampu mencetak gol, Rivki malah kembali dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya. Dalam situasi yang sebenarnya tidak berbahaya, Matsunaga melepaskan tendangan spekulasi jarak jauh. Rivki ternyata tidak siap mengantisipasi bola. Meski sempat menepis, bola tetap masuk ke dalam gawang.

PSM bahkan hampir kebobolan gol keempat di menit ke-86 ketika Ferinando Pahabol mampu melewati tiga bek di kotak penalti. Beruntung, Rivki bisa menahan tendangan jarak dekat Pahabol dengan kakinya.

Meski masih saling serang di sisa pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta dan skor 3-1 menjadi hasil akhir. Bagi PSM, kekalahan ini membuat mereka belum bisa mengakhiri kutukan tidak pernah menang dalam laga tandang dan masih tertahan di posisi ke-9 dengan poin 36. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...