Tumbuh Liar dan Disepelekan, Buah Kersen Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan

0 Komentar

Buah kersen. (INT)

FAJAR.CO.ID — Pohon satu ini tidaklah termasuk tanaman yang dibudidayakan. Akan tetapi, hampir di setiap ruas jalan, terkhusus jalan raya, di Makassar ditumbuhi pohon ini. Tumbuh liar.

Bisa jadi karena tumbuh liar dan sangat mudah ditemukan di daerah beriklim panas seperti di Sulsel, pohon ini pun sering disepelekan. Bahkan nyaris tak dihargai sebagian orang.

Namun jangan salah. Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Terlebih buahnya. Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates” tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah yang juga sering disebut talok dan seri ini.

Buah kersen ternyata memiliki banyak kandungan gizi. Setiap 100 gr buah kersen terkandung air sebanyak 77,8 gram, serat 4,6 gram, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 g

Tak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.

Ada pun manfaat kesehatan dari buah kersen ini, antara lain:

  1. Mengobati asam urat
    Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.
  2. Antioksidan
    Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen.
    Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
    Karena banyak mengandung antioksidan, buah kersen juga berfungsi untuk melawan penuaan dini.
  3. Antibakteri
    Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis.
    Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.
    Salah satu permasalahan dunia medis saat ini adalah hampir semua tipe bakteri kebal terhadap antibiotik yang ada. Nah, buah kersen mengandung antibiotik alami yang akan melawan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh.
  4. Ringankan Nyeri Sendi
    Kalau punya gejala nyeri sendi, buah kersen bisa meringankan keluhan itu. Konsumsi tiga kali sehari masing-masing segenggam buah kersen, nyeri sendi berpotensi menjauh. (bs)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...