Camilan Protein Bisa Atasi Mabuk Kendaraan

0 Komentar

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Beberapa anak rentan mengalami mabuk di kendaraan saat perjalanan jauh. Kondisi ini bisa diatasi dengan camilan berprotein.

Spesialis Penyakit Dalam, Divisi Ginjal dan Hipertensi, Rumah Sakit Unhas, dr Dina Nilasari SpPD-KGH mengungkapkan, mabuk saat melakukan perjalanan jauh bisa diakibatkan karena perut kosong. Olehnya itu, sebaiknya menyiapkan bekal makanan yang tahan lama. salah satu yang bagus juga adalah camilan-camilan protein.

“Ketika dalam kondisi lapar maka akan membuat tubuh menjadi mudah mual, muntah, dan pusing. Ada baiknya menyiapkan makanan sendiri dibandingkan membeli makanan yang dijajakkan di jalan karena belum diketahui kebersihan dari makanan tersebut,” ujarnya.

Saat bepergian, lanjutnya, sebaiknya menghindari makanan pedas agar tidak mengganggu pencernaan. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan si Kecil dengan membawa air putih yang banyak. Perjalanan jika dalam cuaca yang panas akan membuat seseorang mudah dehidrasi dan akhirnya berujung pada rasa lelah. “Bisa membawa buah-buahan karena buah juga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bagus untuk tubuh,” tuturnya.

Terpisah, Spesialis Anak, Rumah Sakit Siloam, Dr dr Bob Wahyudin SpA(K) mengatakan, anak-anak sering mengalami mabuk perjalanan diakibatkan belum terbiasa dengan perjalanan jauh, serta belum stabilnya organ keseimbangan yang ada di dalam telinga.

Kondisi terbaik bergantung dari posisi badan dan mata anak. Pastikan anak tidak banyak bergerak di dalam kendaraan. Ajarkan anak untuk diam dan bersandar di tempat duduknya. Tempatkan pada posisi duduk di tengah, sehingga anak bisa fokus memandang ke depan.

Ia menganjurkan agar tidak membiarkan anak membaca, memainkan sesuatu, atau pun bermain game di dalam kendaraan. Yang terbaik adalah anak tertidur saat dibawa dalam perjalanan jauh. “Terlalu banyak gerakan mata, gerakan badan akan mengganggu organ keseimbangannya, sehingga anak merasa pusing dan mual,” tambahnya.

Pastikan kendaraan memiliki sistem ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Meski mengendarai kendaraan ber-AC, namun bukalah jendela sesekali agar anak tidak merasa mual atau kedinginan.

Sebaiknya tak memberikan anak aromaterapi, karena tak semua anak menyukainya. Bisa saja justru bau tersebut akan mengganggu konsentrasinya, sehingga akan mudah mual dan pusing. Sebelum menempuh perjalanan yang jauh, Bunda bisa memberikan obat antimabuk khusus anak-anak. Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk menanyakan obat yang tepat. “Berikan obatnya satu jam sebelum anak berangkat agar berefek ketika melakukan perjalanan jauh,” ungkapnya.(*)

Penulis : RAHMADANI INDAH ABADI
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...