Jangan Abaikan Ketika Anak Mulai Mual

0 Komentar

Ilustrasi/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jangan abaikan ketika anak sudah mulai mual karena jika sudah muntah, akan berakibat dehidrasi.

Spesialis Anak, Rumah Sakit Siloam, Dr dr Bob Wahyudin SpA(K) mengungkapkan ada beberapa gejala anak sedang mabuk perjalanan. Yakni rasa mual, anak mulai berkeringat dingin, wajahnya terlihat pucat dan gelisah, menguap, dan menangis.

Anak pun akan kehilangan nafsu makannya dan akan muntah. Jika sudah terjadi, sebaiknya Bunda berhenti dahulu dan biarkan anak duduk sebentar. Biasanya anak akan lebih mudah mual ketika perjalanan terlalu banyak goncangan.

Berikan minum dan obat antimabuk. Ketika memberikan anak makan, sebaiknya jangan terlalu kenyang karena anak juga bisa mengalami mual. Berikan anak pelukan atau bersandar pada Bunda ketika sudah muntah agar anak merasa nyaman.

Jika anak merasa sakit kepala, sulit mendengar, melihat, berbicara, atau berjalan, dan tatapannya kosong, maka segera bawa anak ke dokter untuk menghindari kemungkinan risiko lain bisa terjadi.

Bunda perlu memastikan bahwa si Kecil dalam keadaan fit. Tidur haruslah cukup karena anak yang kurang tidur lebih mudah merasa lelah. Selain aromaterapi, bau-bau terlalu menyengat bisa membuat anak merasa mual. Mabuk perjalanan biasanya banyak menimpa anak usia dua tahun ke atas.

Siapkan kantong plastik untuk baju dan handuk yang basah. Sediakan baju ganti yang mudah dijangkau di dalam mobil untuk berjaga-jaga. Jangan lupa sediakan kantong plastik untuk wadah muntahnya serta kain untuk kompres. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...