Soal Habib Rizieq Shihab, Dirjen Imigrasi Ngaku Tak Pernah Terima Surat Pencekalan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kasubag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Sam Fernando mengaku pihaknya tidak pernah menerima surat penangkalan atas nama Habib Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia.

Dia menegaskan, instansi pemerintah lain tidak pernah melayangkan surat penangkalan Rizieq, untuk kemudian disampaikan ke otoritas Arab Saudi.

"Sampai saat ini, Imigrasi belum menerima surat penangkalan apa pun dari instansi mana pun yang menyatakan Habib Rizieq Shihab tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia," kata Sam dalam pesan singkatnya kepada awak media, Selasa (11/11).

Menurut dia, persoalan Rizieq yang tidak bisa kembali ke Indonesia lebih baik ditanyakan kepada pihak Arab Saudi. Sebab, kata dia, berkaca dari pengakuan Rizieq, surat pencegahan datang dari otoritas Saudi.

"Terkait surat pencegahan beliau keluar dari wilayah Saudi dari Pemerintah Saudi bisa ditanyakan kepada pihak pemerintah Saudi langsung," timpal dia singkat.

Sebelumnya, Habib Rizieq Rizieq mengungkapkan alasannya tidak bisa pulang ke Indonesia. Dia menunjukkan surat cekal dari pemerintah Indonesia yang ditujukan kepada pemerintah Arab Saudi.

"Saya dilarang bepergian ke Saudi, bahkan ini dituliskan sebabnya adalah karena alasan keamanan. Jadi sekali lagi, saya dicekal di sini bukan karena saya lakukan pelanggaran keimigrasian,” ujar Rizieq dalam video yang diunggah ke YouTube oleh akun Front TV, Minggu (10/11).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...