Bobol 17 Rekening, WN Rumania Solomev Ditembak Mati

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dua warga negara (WN) Rumania diduga melakukan kejahatan perbankan dengan membobol 17 rekening. Salah satu pelaku ditembak mati polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan seorang tersangka yang tewas diketahui bernama Solomev. Sedangkan rekannya yang bernama Cristea menyerah setelah melihat rekannya ambruk.

Argo menyebut terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan salah satu bank terkait laporan nasabahnya yang saldo tabungannya selalu berkurang. Laporan itu masuk pada Oktober 2019.

“Berawal dari 17 nasabah yang komplain kepada beberapa bank yang mengatakan bahwa mereka tidak bertransaksi, namun mendapat tagihan dan saldo tabungannya berkurang dalam jumlah yang bervariasi,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Senin (11/11).

Subdit Resmob kemudian melakukan penyelidikan. Hasilnya polisi menemukan alat bernama spycam dan deep skimmer yang terpasang di sejumlah mesin ATM di Kalimalang, Otista, Cideng, dan Tomang.

“Petugas lalu mengintai sejumlah ATM yang terpasang alat. Kami yakin para tersangka akan kembali ke ATM terkait untuk mengambil data yang ada di dalam spycam dan skimmer,” terang Argo.

Terbukti, kedua tersangka datang ke sebuah mesin ATM dan mengambil spycam serta deep skimmer. Petugas kemudian membekuk tersangka. Sayangnya, saat ditangkap kedua tersangka melawan dan salah satunya berusaha merebut senjata api petugas.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...