Ikatan Notaris dan PPAT Datangi Rudianto Lallo Cs, Bahas Warga Malas Urus BPHTB

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pagi-pagi DPRD Kota Makassar menerima kunjungan dari Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Selasa, 12 November 2019.

Mereka diterima langsung pimpinan DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo dan Andi Suhada Sappaile, serta didampingi Plt Sekretaris DPRD Makassar, Andi Sadly, dan Kepala Bagian Persidangan, St Ramlah.

Pertemuan ini dikemas secara santai di ruang rapat pimpinan. Mengingat pimpinan tertinggi di DPRD Makassar berasal dari latar belakang dan bahkan beralmamater yang sama.

Hal itu terungkap dalam audience yang diawali perkenalan satu persatu pengurus Ikatan mulai dari Ketua Ikatan Notaris dan sejumlah Anggotanya hingga Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah. Pengurus INI, Barllian SH MKn. mengungkapkan, sejumlah keresahan terkait regulasi-regulasi yang tidak berdasar menurutnya. Hingga keluhan soal pajak-pajak yang membuat masyarakat “malas” mengurus BPHTB dan yang lainnya.

“Ini salah satu pelemahan ekonomi kota Makassar yang membuat masyarakat merasa tidak mampu atau enggan melakukan pengadaan seperti BPHTB,” ungkapnya dihadapan Pimpinan DPRD makassar.

Mengetahui kondisi tersebut, Ketua DPRD makassar,  Rudianto lallo, tak menampik masalah-masalah yang terjadi saat ini mengenai pernotarisan. 

Menurutnya titik tengah dari masalah ini harus diselesaikan antara pemerintah kota selaku eksekutor dan pihak-pihak terkait.

“Masalah seperti ini penting untuk kita adakan Rapat Dengsr Pendapat (RDP) pada komisi terkait, yaitu komisi B bidang Keuangan dan Perekonomian. Kita akan mengundang seluruh stake holder yang terkait,” jelas Rudianto Lallo di depan rekan alumninya.

Ia juga menambahkan RDP yang nantinya akan digelar, bakal menghasilkan rekomendasi atas nama lembaga DPRD ini bagi pemerintah Kota Makassar. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...