Jangan Buang Kulit Jeruk, Direbus Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

0 Komentar

ILUSTRASI. Kulit jeruk dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kesehatan. (organic facts)

FAJAR.CO.ID– Buah jeruk sering dikaitkan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya buahnya, kulitnya juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Pink Villa, Minggu (10/11), ada beberapa cara untuk mengonsumsi kulit jeruk. Cara terbaik adalah dengan dengan cara merebusnya. Anda bisa menggunakan kulit jeruk segar atau kulit jeruk kering untuk membuat rebusan. Yang Anda butuhkan hanyalah kulit jeruk dan air.

Caranya, tambahkan satu sendok teh kulit jeruk cincang atau bubuk dan air ke wadah lalu didihkan. Biarkan mendidih selama 10 menit dan matikan api.

Biarkan selama beberapa saat lalu saring teh dalam cangkir dan teh kulit jeruk sudah siap diminum. Anda bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis atau pemanis seperti madu untuk menambah rasanya. Apa saja khasiatnya?

  1. Atasi Sembelit

Kulit jeruk mengandung pektin, yang mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kulit jeruk juga melawan keasaman dan rasa mulas.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Kulit jeruk membantu mencegah lonjakan atau penurunan kadar gula darah karena kandungan pektinnya.

  1. Turunkan Berat Badan

Kulit jeruk kaya akan serat. Serat membantu menjaga rasa lapar sehingga bisa membantu penurunan berat badan. Kulit jeruk kaya akan vitamin C, yang dapat membakar lemak. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk memiliki sifat anti-obesitas.

  1. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Kulit jeruk membantu mengatasi sumbatan dan membersihkan paru-paru. Vitamin C dalam kulit meningkatkan kekebalan dan mencegah infeksi paru-paru. Kulit jeruk juga meningkatkan pilek dan flu. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...