Kakanwil Kemenkumham Sulbar Lantik Penyidik Disnaker

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto melantik dan mengambil sumpah jabatan Andika Prasetya, sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada dinas tenaga kerja Sulbar dan Arpan Renaldy sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan, di Kanwil Kumham setempat, Senin, (11/11)

“Saat ini kunjungan wisatawan ke Indonesia dari beberapa negara tanpa visa. Potensi ini memungkinkan penyalahgunaan izin kunjungan untuk bekerja secara tidak sah, ini perlu perhatian penyidik pegawai negeri sipil ketenagakerjaan,” kata Harun.

Untuk itulah, dia berharap PPNS yang baru dilantik agar terus belajar dan pelajari modus operandi kejahatan ketenagakerjaan yang terus berganti, jaga integritas, bina sinergi dengan penegak hukum.

“Bahwa penegakan hukum pidana itu ultimum remedium (sebagai upaya terakhir) yang terkait dengan hak asasi manusia. Untuk itu jaga profesionalitas dan kedepankan prinsip keadilan dan kepastian hukum,” imbuhnya.

Kepada perancang peraturan perundang-undangan, Arpan Renaldy, Harun minta agar dalam menyusun ranperda bersama Pemda, berpedoman kepada arahan presiden, yaitu produk hukum harus berpihak kepada kemudahan investasi, berpihak pada penyediaan lapangan kerja, usaha kecil dan menengah agar berdampak pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini sebagian besar ranperda provinsi dan kabupaten di Sulbar sudah mengikutsertakan perancang dari kanwil,” kata Harun. (*/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...