Kakek Tersesat di Titik Tengah Indonesia, SAR Bone Kirim Bantuan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Pos Search and Rescue (SAR) Bone menerjunkan tim ke Bumi Latemmamala, Kabupaten Soppeng, Selasa, (12/11/2019).

Pengiriman bala bantuan itu untuk mencari warga Soppeng, Lasake (70) yang tersesat di hutan Umpungeng, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

Pencarian yang akan dilakukan oleh Tim Sar asal Bumi Arung Palakka itu tidaklah mudah, sebab Desa Umpungeng berada di kawasan pegunungan Neneconang dan Gunung Laposo. Lokasinya berada pada ketinggian 1000 sampai 1500 mdpl. Ia berjarak 10 Km ke sebelah barat daya dari ibu kota Kabupaten Soppeng.

Desa Umpungeng disebut sebagai titik tengah Indonesia. Dijuluki sebagai Posi’na Tanae yang artinya pusar atau pusat tanah. Wilayah yang disebut sebagai titik paling tengah negeri ini berupa tanah yang dipagari oleh batuan.

Koordinator Pos SAR Bone, Andi Sultan menuturkan pihaknya menerjunkan satu tim usai mendapatkan informasi dari BPBD Soppeng. “Ada lima orang dalam Tim Pos SAR Bone bergerak menuju lokasi setelah kami mendapatkan informasi dari BPBD,” katanya Selasa (12/11/2019).

Kata dia, lokasi korban tersebut berjarak sekitar 63,78 km, radial 280 derajat arah barat laut, dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam dari Kabupaten Bone. “Kami juga membawa peralatan navigasi darat dan satu set peralatan mountenering, serta peralatan pendukung lainnya,” tambahnya. (gun/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...