Kemenkumham Sulbar Sosialisasi Pendaftaran Badan Hukum

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Mamuju Untuk melaksanakan perintah presiden dalam rangka kemudahan berusaha, Kemenkumham Sulbar lakukan sosialisasi pendaftaran badan hukum di kanwil setempat (11/11/2019).

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah pendaftaran badan hukum hingga ke Kabupaten. Agar tercipta kemudahan berusaha dan investasi, yang diharapkan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di Sulbar,” ucap Kepala Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto dalam pembukaan acara.

Saat ini di Sulawesi Barat telah berdiri 113 perseroan, 10 perkumpulan dan 18 yayasan. Harun mencontohkan dengan adanya badan hukum Perseroan Terbatas (PT), akan mudah dalam mencari tambahan modal, dapat menggandeng investor baru, dapat mengikuti tander dipemerintahan dan BUMN, serta ada pemisahan yang pasti antara data kekayaan perusahaan dengan kekayaan pribadi.

“Tetapi harus diperhatikan agar akta notaris dalam membuat PT harus mengacu kepada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI), agar surat ijin usaha perdagangan(SIUP), tanda daftar perusahan (TDP) dan izin lainnya mudah,” katanya.

Saat ini semua pendaftaran badan hukum sudah melalui AHU online sehingga prosedur, biaya, waktu sudah transparan.

Kegiatan tersebut dikutii oleh 100 peserta dari aparat desa, kelurahan, kecamatan dan masyarakat Mamuju dengan narasumber Notaris, Minta Jaya Ginting dan Kabid Yankum Kemenkumham Sulbar Abdullah yang menyampaikan materi tentang cara dan syarat pendirian badan hukum. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...