Organ Intim saat Haid Tetap Bersih, Perhatikan 3 Hal Berikut

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID-- Fase pubertas bagi remaja putri ditandai dengan menstruasi. Sayangnya, rasa tabu, malu, atau takutnya bertanya kepada siapapun soal itu, membuat mereka terkadang tidak memperhatikan kesehatan organ intim. Akibatnya, masalah bisa muncul seperti iritasi atau kurang higienisnya area intim.

Organisasi dunia UNICEF melakukan kampanye bersama sejumlah produsen pembalut untuk mengedukasi remaja putri agar menjaga kebersihan saat menstruasi. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 Buku Remaja, Kementerian Kesehatan, diketahui 1 dari 5 remaja putri di Indonesia tidak mendapat informasi menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi pertama. Ditambah dengan anggapan bahwa menstruasi merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan.

Dari sisi kebersihan, data Sanitasi Sekolah Tahun 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaporkan 1 dari 3 sekolah tidak memiliki akses air dan 1 dari 2 sekolah tidak mempunyai toilet terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan.

“Sebagai bentuk tanggung jawab sosial bersama UNICEF dalam program Menstrual Hygiene Management, yang bertujuan agar remaja putri sebagai generasi penerus bangsa mendapat informasi dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” kata Head of Feminine Care PT Softex Indonesia Ekayani Go baru-baru ini.

Sasarannya adalah berupa Water, Sanitation and Hygiene (WASH) termasuk Menstrual Hygiene Management di Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Beberapa programnya antara lain pemberian edukasi tentang kebersihan menstruasi untuk remaja putri serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih bersih dan sehat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan