Gagas Efisiensi Energi Perhotelan, Ketua IAI Sulsel Raih Doktor

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan, Nasrullah menyandang gelar doktor dalam bidang teknik arsitektur Unhas.

Dia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji yang dipimpin Baharuddin Hamzah, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Fakultas Teknik Unhas, Rabu, ( 13/11/2019) di Gedung JK CSA Building, Kampus Fakultas Tehnik Unhas, Gowa.

Nasrullah yang dosen Fakultas Teknik di Universitas Bosowa (Unibos) Makassar ini menyajikan disertasi berjudul Konservasi Energi Sistem Tata Udara Bangunan Gedung Hotel selama 20 menit di depan tim promotor, ko promotor, dan penguji eksternal dari UGM dengan hasil yang sangat memuaskan.

Menurut Nasrullah, bisnis perhotelan merupakan sektor yang berkembang sangat cepat. Makanya, konsumsi energi di sektor ini dapat meningkat secara dramatis. Perlu peran aktif pelaku usaha dalan meningkatkan efisiensi penggunaan energinya.

Dia menambahkan, hasil observasi dari lima hotel berbintang di Makassar menunjukkan, sistem tata udara yang digunakan pada kamar sesuai dengan penggunaan beban pendingin. (*/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...