Menhan Prabowo Jadi Perbincangan, Netizen: Menteri Rasa Presiden Pak

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto punya juru bicara sendiri. Mobil yang dipakai juga bukan kendaraan dinas. Pembantu presiden kelahiran Jakarta 17 Oktober 1951 itu tak seperti menteri lainnya.

Rakyat Merdeka RMCO.id melansir, Prabowo punya keistimewaan sendiri, tak dimiliki menteri lainnya. Saat menteri lain memakai mobil dinas, Ketum Partai Gerindra itu memilih menggunakan mobil pribadi, Alphard putih dengan pelat nomor 1-00.

Prabowo menunjuk Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai staf khusus sekaligus jubir Menhan. Sebelumnya, Dahnil memang jadi jubir pribadi dari mantan suami Mbak Titiek Soeharto itu.

Dalam rapat kerja dengan Komisi I, Senin (11/11) lalu, Dahnil tampak mendampingi Prabowo. Ia duduk di belakang deretan meja Prabowo dan sejumlah pejabat eselon I Kemhan. Eks Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu juga mengenakan tanda pengenal berlambang kemenhan.

Saat ditemui seusai rapat kerja, Dahnil membenarkan tentang jabatan barunya sebagai Jubir Menhan.”Iya, jadi staf khusus,” ujar Dahnil.

Sebagai staf khusus, Dahnil juga berperan sebagai juru bicara yang mengurusi persoalan di bidang nonmiliter. Seperti komunikasi publik, media, dan hubungan antarlembaga. “Ya, pokoknya jadi jubir di bidang pertahanan nonmiliter. Termasuk soal program Bela Negara,” katanya.

Dahnil pun sudah mulai memberi keterangan soal kegiatan Prabowo, Selasa kemarin. Salah satunya, ketika Prabowo menerima Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr. “Dubes AS melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan. Ramah tamah untuk saling kenal,” terang Dahnil.

Menurut Dahnil, Prabowo dan Donovan berbicara soal isu pertahanan global dan regional. “Lebih banyak terkait isu pertahanan global dan regional,” ungkap Dahnil ketika ditanya apakah Prabowo berbicara soal rencana kunjungan ke AS dengan Donovan.

Selain Dubes AS, Prabowo juga menerima Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi. Saat menerima kunjungan, Prabowo didampingi Wamenhan, Wahyu Sakti Trenggono, dan Sekjen Kemhan, Agus Setiadji. Pertemuan Prabowo dengan dubes negara sahabat berlangsung tertutup.

Kapuskom Publik Kemhan, Brigjen Totok Sugiarto, menjelaskan, pertemuan dengan dua dubes tersebut membahas kerja sama di bidang pertahanan. “Kedua pihak ingin hubungan kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan AS khususnya di bidang pertahanan diharapkan terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” ungkap Totok.

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga memaparkan sejumlah program pertahanan Indonesia kepada AS dan Arab Saudi. Salah satunya program prioritas Kemhan.

Mengenai penggunaan mobil pribadi Alphard putih berpelat nomor 1-00, diketahui saat Prabowo menghadap Jokowi ke Istana, kemarin pagi. Prabowo tiba di Istana sekitar pukul 10.30. Turun dari mobil, dia langsung memasuki Istana.

Prabowo Subianto sebetulnya mendapatkan mobil dinas menteri dengan pelat nomor RI 23. Namun, Prabowo tampak belum pernah menggunakan fasilitas negara itu. Pelat 1-00 digunakan Prabowo sejak akhir Oktober 2019. Pelat itu dipasangkan pada mobil pribadinya yang juga konsisten digunakannya sejak dilantik sebagai Menhan.

Nah, netizen pun ramai memperbincangkan soal ini. “Menteri rasa presiden pak,” cuit @Yanto47851160. “Menhan staffnya lbh banyak dari Presiden… kerennnn,” sambar @NapiPKS. Akun @fathurdoaibu menyebut Prabowo beda. “Memang Prabowo lain dari yang lain. Punya jubir, pakai mobil plat 1-00. Tampil Beda,” twitnya. (jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...